Home » Berita Foto » Program Pamsimas II Targetkan 10 Desa Sasaran

Program Pamsimas II Targetkan 10 Desa Sasaran

123
Kasubid Tata Ruang Dan Lingkungan Hidup BAPPEDA Kabupaten Luwu Timur, Fitriani, Saat Membuka Kegiatan Sosialisasi Pemsimas II.

Luwu Timur, Sidaknews.com – Proyek penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) ke II direncanakan akan menyisir 10 Desa sasaran yang berasal dari 10 Kecamatan.

Pernyataan ini disampaikan Kasubid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Luwu Timur, Fitriani pada kegiatan sosialisasi Pamsimas II yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Selasa (25/11) kemarin.

Menurut Fitri, dari 42 kepala desa yang mengikuti sosialisasi ini, akan dilakukan penandatangan surat minat dan kesanggupan oleh masing-masing kepala desa untuk mengikuti program pamsimas II, setelah sebelumnya diawali sosialisasi program.

“Dari 42 desa yang hadir akan dilakukan penjaringan untuk menjadi 10 peserta sasaran program Pamsimas II,” jelasnya.

Fitri menjelaskan program pamsimas ini ditujukan untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat berpengasilan rendah diwilayah pedesaan dan pinggiran kota melalui pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Lanjutnya, peserta sosialisasi ini berjumlah 75 orang dengan rincian 42 kepala desa, camat, panitia kemitraan pamsimas sebanyak 11 orang dan fasilitator masyarakat program pamsimas yang berjumlah 2 orang.

Narasumber program yakni Kepala Bappeda, Muh Zabur yang juga Ketua Pokja Air Minum dan Peyehatan Lingkungan (AMPL) dan Muh Aridha selaku koordinator kabupaten program pamsimas II sekaligus Konsultan Regional Oversight Manajemen Services (ROMS) wilayah tujuh.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Muh Abrinsyah mengatakan sektor air minum merupakan salah satu dari delapan tujuan yang ingin dicapai melalui sasaran pembangunan millenium (millenium develoment goals/ MDGs).

Untuk Kabupaten Luwu Timur, kata Abrinsyah, cakupan pelayanan air minum PDAM tahun 2013 untuk lima kecamatan, hanya berjumlah 1.995 pelanggan atau sekitar 3,15 persen dari jumlah penduduk Luwu Timur. Itupun pelayanan ini hanya menjangkau wilayah perkotaan kecamatan saja, tidak menjangkau wilayah pedesaan.

Lanjutnya, program Pamsimas ini baru dilaksanakan tahun ini dan telah berjalan pada 10 desa sasaran dengan rincian 8 desa melalui bantuan APBN dan 2 desa dari bantuan APBD. Dan pada tahun 2015 nantinya kembali ditagetkan 10 desa lagi melalui mekanisme penjaringan dan kesanggupan desa untuk menerima program ini. (Amir)

Check Also

Kapolsek Medan Labuhan Kompol H.Yasir Ahmadi Sik Saat menandatangani persasti Mushola Mirza Ahmad.

Polsek Medan Labuhan Gelar Zikir Bersama dan Resmikan Mushola Mirza Ahmad

Medan Labuhan. sidaknews. com – Kapolsek Medan Labuhan Kompol H. Yasir Ahmadi Sik menggelar acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>