Kamis , 25 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Bireuen » Program (PPIP) Bireuen Belum Menyentuh Desa Tertinggal

Program (PPIP) Bireuen Belum Menyentuh Desa Tertinggal

Bireuen,Sidaknews.com – Program PPIP Bireuen tidak menyentuh kawasan Desa Terpencil yang serba kekurangan inprastruktur, padahal program itu setiap tahunya ada di Kabupaten Bireuen. Sesuai pantuan Media Sidaknews.com, masih banyak Desa tertingal belum mendapat Bantuan PPIP (Program Pembagunan Insprstruktur Perdesaan),Seperti Desa Buket Paya Kecamatan Peudada,Paloh Seulimeng Kecamatan Jeumpa.

Kepala Bapedda Pemerintah Kabupaten Bireuen,Ibrahim,saat ditemui,mengakui bahwa Kabupaten Bireuen saat ini belum memiliki Data tentang Desa Tertingal,sementara itu Fadli Amir,selaku Ka.Satker PPIP,saat dikonfirmasi terkait Program PPIP tidak menyentuh Desa Tertinggal belum bisa untuk ditemui.

Dengan tidak menyentuhnya Program PPIP kepada Desa Teringgal di Kabupaten Bireuen,Dugaan bahwa terjadinya tumpang – tindih dalam Penyusunan Pembentukan Data Bagi Desa yang layak diberikan Program PPIP itu.

Program Pembagunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) yang sudah berlangsung diberikan kepada masyarakat di 6 desa sebagai penerima Program PPIP tahun 2014, kegiatan ini dilakukan sesuai Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 386/KPTS/M/2014 tanggal 21 juli 2014, tentang penetapan Desa sasaran Program Pembagunan Insfrastruktur Perdesaan (PPIP ) tahun 2014.

Kabupaten Bireuen mendapat alokasi Dana sebesar Rp.1.500.000.000.yang diperuntukan bagi 6 Desa Kegiiatan PPIP dengan alokasi Dana Anggaran APBN perdesanya sebesar Rp.250,juta.dialokasikan dalam 2 tahun,diantaranya TAHUN 2014 Rp.100.000.000/Desa,Pada TAHUN 2015,disalurkan kembali sebesar Rp.150.000.000.per Desa nya mendapatkan Rp 220 juta sesuai kebutuhan mereka.

Tahun 2014, Desa yang mendapatkanProgram PPIP adalah,Jangka Pulo Iboh, Jangka Jangka Keutapang,Jangka Jangka Alue Bie,Kuta Blang Buket Dalam,Kuta Blang Balee Mee,Kuta- Blang Blang Mee.

Program PPIP merupakan ( Program Pembagunan Insfrastruktur Perdesaan) yang segaja dibuat pemerintah, “Dalam Rangka Mendukung Upaya Penanggulangan Kemiskinan di wilayah perdesaan ketingalan, serta mampu menciptakan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Sehingga dapat memberantas berbagai persoalan yang terjadi ,selain itu juga Kementerian Pekerjaan Umum Melalui Direktorat Jendral Cipta Karya telah melaksanakan berbagai Program Pemberdayaan Masyarakat.

Pelaksanaan PPIP di tingkat Kabupaten melibatkan unsur pemerintah yang terangkum kedalam struktur Tim koordinasi Kabupaten ( TKK ) dan Tim Pelaksana kabupaten (TPK) dan satuan kerja tingkat kabupaten Satker PIP.(Hendra)

Check Also

Harapan Kami Petani Gampong Dalam Rangka Penas di Aceh Yang Dibuka Presiden RI Joko Widodo

-Tarmizi A.Gani (Petani Gampong) – Saya Bangga Petani Maju Dan Kaya, Saya Bangga Negara Maju …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *