Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Proyek Rambat Beton Desa Pasar Senin Pengabuan Menuai Kritik

Proyek Rambat Beton Desa Pasar Senin Pengabuan Menuai Kritik

-Disinyalir Rekanan Mengurangi Volume Pekerjaan Demi Meraup Keuntungan.

Fhoto. ilustrasi
Fhoto. ilustrasi

Tanjab Barat,Sidaknews.com – Setiap pekerjaan yang mempergunakan keuangan Pemerintah sudah tentu penuh perhitungan dan dengan sistem pelaksanaan yang jelas. Bahkan perencanaan pengawasan serta kontraktor pelaksanaan telah disiapkan oleh pemilik proyek agar proyek yang dikerjakan bermutu bagus dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam waktu yang lama.

Sebab, sumber dana untuk pekerjaan itupun tak lepas dari partisipasi masyarakat dalam membayar pajak. Kadang, setiap pekerjaan proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah yang memakai jasa pihak ketiga, selalu mendapat kritikan dari berbagai kalangan.

Terlihat banyaknya pihak ketiga yang mengerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah direncanakan dari semula oleh perencana.

Bahkan, bagusnya sebuah mutu pekerjaan proyek, pengawas juga punya andil yang besar dalam mengawasi pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana. Tapi apa jadi kalau pengawasan yang dilaksanakan tidak maksimal? Sudah barang tentu hasil pekerjaan yang dilaksanakan juga diragukan mutu serta kualitasnya.

Padahal dalam perjanjian (perusahaan) akan tunduk kepada pedoman pengadaan barang/jasa untuk melaksanakan pembangunan Negara dan mengacu ke Peraturan Presiden No 70 Tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Salah satunya seperti Pengerjaan Proyek Jalan Rambat Beton di Desa Pasar Senin Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabubung Barat dengan panjang 2.800 meter yang disinyalir pengerjaannya syarat dengan permainan sehingga volume ketebalan Jalan Rambat Beton di desa inipun di permainkan.”Ujar Purnomo dan beberapa warga Desa Pasar Senin kepada media ini Kamis (13/11) di desa pasar senin.

Masih menurut sumber media ini, Katanya dalam Bestek (Gambar Rencana) dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk pengajuan Jalan Rambat Beton Desa Pasar senin ini ketebalannya 12 cm tapi faktanya yang saya lihat bersama warga disini ketebalan yang dikerjakan hanya setebal 5 cm saja.

Kamarin Aggota DPRD pun sudah ada yang turun ke desa ini dan melihat langsung bagaimana Proyek Jalan Rambat Beton ini, bahkan anggota DPRD itu mengatakan akan memanggil dinas terkait melalui bidangnya untuk diminta penjelasan terhadap pengerjaan yang dilakukan rekanan di desa ini.

Dari Pantauan Wartawan Sidaknews, Pagu Dana Proyek Jalan Rambat Beton Desa Pasar Senin Kec. Pengabuan sebesar 1,8 Milyar Rupiah, dan bersumber dari Dana APBD Tanjab Barat Tahun 2014 dengan realisasi pengerjaan Jalan ini di bangun sepanjang 2.800 meter dan dengan ketebalan sekitar 12 cm. (Andi)

 

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *