Home » Berita Foto » Puluhan Operator Sekolah Dilatih Dapodikmen 2014

Puluhan Operator Sekolah Dilatih Dapodikmen 2014

Puluhan Operatos Sekolah Dilatih Dapodikmen 2014
Puluhan Operatos Sekolah Dilatih Dapodikmen 2014

KARAWANG,sidaknews.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Jawa Barat bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Tehnik Informatika Komputer (TIK) ITC Centre Kabupaten Karawang menyelenggarakan Diklat Data Pendampingan Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) 2014, di SMKN 1 Karawang.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut diikuti oleh 94 peserta yang merupakan operator tiap sekolah SMK baik negeri maupun swasta se Kabupaten Karawang.

Pemateri dan staff ITC Centre Acep Iman Rahayu, menjelaskan ,dalam pelatihan kali ini para operator sekolah diberikan pengetahuan tentang instalasi aplikasi Dapodikmen SMK, sinkronisasi data online maupun offline. Kedua materi itu, kata Acep, dilakukan untuk mencegah kendala-kendala yang sering dialami oleh operator sekolah.

“Menjadi operator dapodik sekolah, tidak cukup hanya berbekal dapat mengoperasikan komputer yang tugasnya hanya memasukkan data yang telah dibuat oleh PTK ke dalam aplikasi pendataan kemudian kirim ke server pusat.

Tapi juga harus bisa mengatasi kendala-kendala seperti dukungan server yang tidak stabil dapat menggagalkan proses upload data, artinya data yang dikirim tidak diterima secara utuh. Hal ini bisa menimbulkan ketidak singkronnya antara data yang diupoad dengan versi cetaknya,” papar Acep.

Acep berharap pada pelatihan kali ini bisa menghasilkan output maksimal. Sebab menurutnya, jika operator telah bekerja dengan baik dan meng-input data sesuai dengan data yang ada, namun data Dapodik pusat tidak sesuai, bisa disebabkan oleh sistem itu sendiri. Mengingat aplikasi data sekolah menggunakan sistem online.(ega)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>