Senin , 27 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Rafli Ajak Semua Pihak Komit Tuntaskan Masalah Kelistrikan Aceh

Rafli Ajak Semua Pihak Komit Tuntaskan Masalah Kelistrikan Aceh

Keterangan Foto: Rafli Bersama Nasir Jamil menemui Dirut PLN Aceh Sulaiman Daud di Kantor PLN Aceh (Foto,Munawar)
Keterangan Foto: Rafli Bersama Nasir Jamil menemui Dirut PLN Aceh Sulaiman Daud di Kantor PLN Aceh (Foto,Munawar)

BANDA ACEH,Sidaknews.com – Guna mencari solusi masalah kelistrikan Aceh, Rafli anggota DPD RI menemui dirut PLN Aceh Sulaiman Daud di kantornya Jl.Tgk. Daud Beureueh No. 172 Lampriet, Banda Aaceh Pada senin siang (29/12) kemarin.

Dalam pertemuan itu juga ikut hadir Anggota DPRRI asala Aceh yaitu Nasir Jamil.Pertemuan ini dilakukan Rafli guna menginventaris langsung masalah kelistrikan Aceh dari pihak PLN yang selama ini masih belum maksimal memberikan pelayanan listrik kepada masyarakat dan sekaligus sebagai penunjang penting dalam pembangunan di Aceh ke depan.

Sebelumnya Rafli bersama 12 Anggota DPD RI lainnya di komite II juga sudah pernah melakukan kunjungan kerja ke Aceh terkait msalah kelistrikan, demikian pernyatan Rafli yang di kirim kepada penulis melalui E-Mail.

“selama ini kan banyak masyarakat bahkan saya sendiri tidak tahu apa persoalan listrik di Aceh sehingga sering padam serta tidak maksimalnya pelayanan, nah makanya saya yang Alhamdulillah menduduki komite II di DPD yang salah satunya membidangi sumber daya energi dan mineral menemui bapak Sulaiman daud selaku DIRUT PLN Aceh guna mendengarkan langsung permasalahan dari beliau”, cetus Rafli.

Berdasarkan informasi yang didapat dari pihak PLN Aceh, sumber energi listrik Aceh mencapai 2500 MW dan total kebutuhan lstrik untuk sekarang sekitar 400 MW.

Masih menurut PLN Aceh, sumber energy Listrik yang terdapat di aceh sangat kaya, diantaranya aliran sungai yang cukup banyak yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga hidro, kandungan panas bumi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga geothermal serta batu bara yang sekarang sudah beroperasi di Nagan Raya.

Untuk wilayah barat selatan sendiri sudah mempunya satu pembangkit yaitu PLTU Nagan yang bertenaga 220 MW, namun belum dapat menyalurkan arus listriknya ke kabupaten tenggaanya seperti abdya dan aceh selatan dan sekitarnya dikarenkan belum adanya tol listrik atau jalur trasnmisi. Hal ini karena adanya hambatan yang disebabkan permasalahan pembebasan tanah masyarakat serta ijin dari kementerian terkait atau dinas terkait, sebutnya kepada penulis.

“jika semua potensi energy listrik di aceh dapat dibangun, maka suplay aliran listrik kita di Aceh sudah cukup. Hal ini juga bisa mendukung program pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menargetkan adanya pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW .

Tidak hanya itu dengan adanya sumber energi listrik yang cukup investor juga akan tertarik untuk membangun pabrik-pabrik besar diaceh, karena selama ini salah satu kendalanya adalah tidak mencukupi suplay listrik khususnya wilayan pantai barat selatan sehingga menghambat niat investor untuk menanamkan modalnya di daerah kita ”, Jelas Rafli.

Nah Untuk itu saya mengajak seluruh komponen serta pemerintah daerah khususnya di wilayah pantai barat selatan dapat mencari solusi serta lebih serius untuk melakukan upaya-upaya agar penyelesain masalah listrik cepat segera tuntas, contohnya mengajak masarakat serta pihak-pihak terkait duduk bersama mencari jalan keluar terhadap permasalahan pembebasan lahan dan perijinan.

Mari kita wakafkan keikhlasan untuk aceh dan anak cucu kita kedepan, get tapubuet get beunalah nyang get takeubah keu aneuk cuco, meunye han tinggai meu-bainah pane na leumah geutanyoe awai na.. tambah rafli menyanyikan salah satu tembang hitsnya.(Tarmizi A.Gani)

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>