Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Rafli Kunjungi Lokasi Peternakan Sapi di Aceh

Rafli Kunjungi Lokasi Peternakan Sapi di Aceh

Rafli anggota DPD RI kelompok  peternak sapi Makmu Beusare di Desa Lambeugak Kecamatan Cot Glie Aceh Besar
Rafli anggota DPD RI kunjungi kelompok peternak sapi Makmu Beusare di Desa Lambeugak Kecamatan Cot Glie Aceh Besar.

BANDA ACEH,Sidaknews.com – Rafli anggota DPD RI di dampingi penyuluh BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Propinsi Aceh Iskandar mirza menemui kelompok peternak sapi Makmu Beusare di Desa Lambeugak Kecamatan Cot Glie Aceh Besar pada Selasa (30/14).

Pertemuan ini untuk meninjau salah sekelompok peternak penggemukan sapi yang sudah berjalan sukses dari hasil bimbingan BPTP Aceh.

Program tersebut didesain berdasarkan agroekosistem dan social-budaya masyarakat setempat. Untuk agroekosistem padang penggembalaan, model pengembangannya difokuskan untuk penghasil bakalan.

Sedangkan untuk kawasan pemukiman difokuskan untuk penggemukan dan penghasil bibit dengan mengacu kepada konsep village breeding centre dengan memanfaatkan potensi sumberdaya pakan local. Untuk semua agroekosistem, model pengembangannya mengacu kepada konsep bioindustri.

Untuk kawasan lahan sawah, model pengembangannya mengacu kepada konsep bioindustri dengan memanfaatkan jerami sebagai salah satu pakan dasar bagi ternak, seperti yang disampaikan melalui rilis kepada penulis oleh Munawar salah seorang tim Rafli.

Ternak sapi2Namun Iskandar Mirza juga mengatakan bahwa kendala dalam usaha peternakan sapi adalah kurang tersedia pembibitan sapi, selama ini bibit sapi diperoleh dari peternak tradisonal.

“seharusnya kita harus punya pembibitan sapi yang modern agar bibit sapi yang nantinya akan dipelihara oleh masyarakat dapat tumbuh maksimal, ini yang harus Rafli perjuangkan ke pusat”, katanya

Hasil kunjungan lapangan menunjukkan bahwa program penggemukan sapi menyediakan lapangan kerja yang sangat luas dengan tingkat pendapatan kotor Rp 750.000-1.000.000 per ekor per bulan.

Berdasarkan fakta di lapangan tersebut maka untuk mendapatkan penghasilan yang layak bagi peternak maka skala usaha untuk masing-masing rumah tangga petani adalah 4-5 ekor, sebut Munawar tim Rafli dalam E-mailnya.

“Saya melihat potensi ini sangat luar biasa dan mampu mendongkrak peningkatan taraf ekonomi masyarakat , contohnya desa lambeugak yang telah saya kunjungi dan saya ingin program ini dapat diwujudkan di setiap desa di Aceh,” kata Rafli

“Saya akan membawa isu ini ke pemerintah pusat untuk menjadikan Aceh sebagai salah satu daerah penghasil ternak sapi terbanyak, selain permintaan pasar lokal yang masih cukup tinggi serta untuk menyukseskan program swasembada daging pemerintah jokowi sekarang”, tambah Rafli.(Tarmizi A. Gani)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>