Home » Berita Foto » Ragam Acara Meriahkan HUT RI ke 69 di Kecamatan Pasimarannu Kepulauan Selayar

Ragam Acara Meriahkan HUT RI ke 69 di Kecamatan Pasimarannu Kepulauan Selayar

Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE.MSi Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Dra. Andi Mulianti
Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE.MSi Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Dra. Andi Mulianti.

Kepulauan Selayar,Sidaknews.com – Ragam Acara Meriahkan HUT RI ke 69 di Kecamatan Pasimarannu Penyelenggaraan peringatan Hari Ulang Tahun ke 69 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2014 di Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dipastikan berlangsung lebih meriah dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Beragam kebijakan baru diambil Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE.M.Si dalam rangka untuk menyukseskan jalannya detik-detik peringatan HUT RI ke 69 di wilayahnya. Salah satu bentuk kebijakan tersebut dituangkan dalam bentuk perubahan managemen pelaksana kegiatan yang tahun ini didominasi oleh kalangan generasi muda.

Pelaksanaan detik-detik peringatan HUT RI ke 69 tahun 2014 di Kecamatan Pasimarannu akan dipandu oleh anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar terpilih atas nama zukri S.Sos dan selebihnya akan dikoordinir oleh kelompok generasi muda lain. Beberapa agenda tambahanpun dipastikan akan memeriahkan penyelenggaraan Peringatan HUT Ri ke 69 di kawasan industri pembuatan perahu Lambo tersebut.

Adapun agenda acara tersebut diantaranya, lomba menghindangkan menu 3 B yang merupakan singkatan dari Beragam, Bergizi, dan Berimbang. Lomba berhijab, serta lomba busana kebaya akan menyempurnakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pasimarannu dibawah koordinasi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Dra. Andi Mulianti Agenda acara ini dipersiapkan khusus bagi kalangan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa dan Kecamatan yang sekaligus akan menutup segala rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan HUT RI ke 69 di Kecamatan Pasimarannu.

Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Penyelenggaraan terhadap ketiga agenda lomba akan mendapatkan panduan secara langsung dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pasimarannu, Dra. Andi Mulianti bersama segenap jajaran. Selain agenda tersebut, sejumlah rangkaian acara lain telah dipersiapkan secara matang oleh pihak panitia pelaksana dimulai dari lomba olahraga, seni dan permainan rakyat kategori anak-anak.

Lomba bidang olahraga sendiri rencananya akan dimeriahkan dengan pelaksanaan tournament sepak bola untuk memperebutkan piala bergilir Camat Pasimarannu Cup 2014 dan sejumlah hadiah menarik lainnya dari panitia. Tournament sepak bola ini melibatkan lima belas kesebelasan yang salah satunya berasal dari Pasitallu, Kecamatan Takabonerate.

Kemeriahan peringatan HUT RI ke 69 tingkat Kecamatan Pasimarannu akan turut diisi oleh sejumlah rangkaian acara lain masing-masing : lomba bola volly ball, lomba sepak takraw, lomba bulu tangkis, tenis meja, lari maraton sepanjang 17 dan 45 km, lari sprint (lari cepat, red) tarik tambang, sepeda lambat dan dayung sampan.

Kegiatan lomba tersebut melibatkan peserta dari unsur putra-putri dimulai dari tingkat anak-anak dan remaja. Sementara lomba gerak jalan indah akan diikuti oleh peserta dari kalangan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa, siswa-siswi sekolah dasar, SMP, kalangan remaja putra dan remaja putri serta kelompok masyarakat umum.

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, peringatan HUT RI ke 69 tahun 2014 akan turut dimeriahkan dengan penyelenggaraan lomba renang sepanjang 69 km yang sekaligus menandai diperingatinya HUT RI ke 69 dan menjadi simbol kesyukuran rakyat Pulau Bonerate sebagai bahagian yang tak terpisahkan dari wilayah pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hal ini diungkapkan Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE.M.Si dalam kesempatan wawancara ekslusif dengan wartawan di kediaman pribadinya, Hari Kamis, (07/08) 2014. Dijelaskannya, peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia tahun ini sengaja disetting khusus agar tampak berbeda dengan peringatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya.

Dalam kaitan itu, panitia pelaksana telah mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan lomba lain yang bertujuan untuk menambah semarak detik-detik Peringatan HUT RI ke 69 di Kecamatan Pasimarannu. Khusus untuk bidang seni, panitia pelaksana telah mempersiapkan beberapa cabang lomba diantaranya : Lomba Qasidah Modern tingkat dewasa, remaja dan majelis ta’lim berturut-turut Lomba Adzan, Tilawatil Qur’an, Lomba Baca Puisi, Lomba Nyanyi Solo, Lomba Karaoke Dangdut, Dan Lomba Shalawat Badar yang masing-masing akan melibatkan sejumlah kelompok peserta baik anak-anak, remaja maupun tingkatan orang dewasa dari unsur putra dan putri.

Lebih jauh, panitia lomba bidang seni juga telah mempersiapkan beberapa cabang lomba seni kategori permainan rakyat tingkat anak-anak, semisal : lomba panjat pohon pinang, makan kerupuk, enggran, gasing, berjalan dengan kaki tempurung, Ma’longga’ lomba memasukkan paku ke botol dan lomba mengambil uang di dalam tepung terigu. Ketua panitia pelaksana, Zukri, S.Sos mengungkapkan, keseluruhan cabang lomba telah dibuka secara resmi pada hari Sabtu, (2/8)pekan ini.

Lomba Cabang olahraga sepak bola dilaksanakan pada sore hari, sedangkan lomba-lomba lain diluar pertandingan sepak bola akan dilaksanakan pada setiap pagi hari. Sementara cabang olahraga seni akan digelar pada malam hari bertempat di panggung utama Rumah Jabatan Camat Pasimarannu.

Kesemua agenda lomba yang dipersiapkan panitia dijadwalkan akan berakhir pada hari Jum’at, (15/8) pekan depan. Kendati demikian, panitia tetap menyisakan beberapa lomba cabang olahraga lain yang dijadwakan akan berlangsung pada hari H peringatan HUT RI ke 69 yaitu : lomba lari maraton, lomba dayun sampan, lomba sepeda lambat, tarik tamban dan lari sprint (lari cepat, red).

Kelima cabang lomba olahraga ini akan diselenggarakan seusai upacara pengibaran bendera merah putih dan upacara tabur bunga di Pelabuhan Bonerate. Sedangkan lomba gerak jalan indah akan diselenggarakan pada siang hari, sebelum dilaksanakannya upacara penurunan bendera yang dipusatkan di Lapangan Garuda.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Panitia kegiatan, Abdullah yang turut mengaminkan keterangan ketua panitia. Menurut dia, rangkaian acara lomba akan ditutup dengan pelaksanaan malam ramah-tamah dan sekaligus penyerahan hadiah kepada seluruh juara lomba.

Diakuinya, kesuksesan seluruh cabang lomba yang dipersiapkan panitia tak terlepas dari kerjasama seluruh pihak terkait, terutama Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE..M.Si yang telah berkontribusi besar dalam membangun bangkitnya kembali dukungan partisipasi penuh warga masyarakat untuk terlahir menjadi sponsorship kegiatan kepemerintahan yang diawali dengan langkah penggalangan oleh Camat Pasimarannu.

Dikonfirmasi wartawan terkait dengan besaran jumlah dan anggaran kegiatan, bendahara panitia, Rosmawati, S.Pd mengutarakan, hal itu sepenuhnya merupakan ranah pemerintah kecamatan dibawah koordinasi langsung Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE.M.Si.

Panitia hanya menerima pelimpahan kebijakan dari camat selaku penanggungjawab keseluruhan agenda acara peringatan HUT RI ke 69 Tingkat Kecamatan Pasimarannu mulai dari kegiatan lomba, pelepasan barisan taptu, upacara pengibaran bendera merah putih, upacara tabur bunga, penilaian lomba menu masakan 3 B yang dirangkaikan dengan jamuan makan siang, upacara penurunan bendera merah putih dan malam resepsi kenegaraan yang dijadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, (17/8) 2014 mendatang.

Kendati demikian, panitia tetap diberikan kewenangan penuh untuk dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing mulai dari koordinator lomba cabang olahraga, Nurwahidin Mile, Koordinator lomba cabang seni, Masriwijaya, S.Ag dengan back up delapan personil pelatih paskibra dari unsur Polri dan TNI-AD yang berada dibawah tanggung jawab Komandan Pelatih Paskibra, Serka Baharuddin.

Koordinator lomba cabang Seni, Masriwijaya, S.Ag mengungkapkan, Peringatan HUT RI ke 69 Tingkat Kecamatan Pasimarannu tahun ini mengangkat Thema utama dengan mengedepankan Motto, Pasimarannu Terdepan yang mengangdung makna : Taat Beragama, Erat Persaudaraan, Ramah Lingkungan, Damai Sentosa, Etos Budaya, Patuh Aturan, Aktif Membangun dan Nyaman Dihuni. (fadly syarif)

Check Also

Pembangunan Gedung Auditorium masjid jamik pertama kali untuk fasilitas umum yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pangkalpinang

Gedung Auditorium Masjid jamik bisa tampung 3000 Orang

Pangkalpinang, sidaknews.com – Pembangunan Gedung Auditorium masjid jamik pertama kali untuk fasilitas umum yang menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>