Home » Daerah » Aceh » Rapai Daboh Minta Diselamatkan Oleh Pemerintah

Rapai Daboh Minta Diselamatkan Oleh Pemerintah

Zulfikar Apayuh ( baju hitam tengah) mengabadikan gambarnya bersama Grup Rapai Daboh, Simpang Mamplam ( Foto, Dok Pribadi )
Zulfikar Apayuh ( baju hitam tengah) mengabadikan gambarnya bersama Grup Rapai Daboh, Simpang Mamplam (Foto, Dok Pribadi)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Para pencinta seni budaya Aceh yang disebut mereka (Budaya Keneubah endatu-red) memanfaatkan momentum ulang tahun Kabupaten Bireuen yang ke-15 yang di gelar persis di tengah kota Kabupaten itu.

Untuk menampilkan seni budaya unik yaitu “Rapai Daboh” (Debus) dengan menggunakan pisau, para anggota daboh (debus) menghantam badannya dengan pisau, namun pisau tumpul, badan mereka tak tembus dimakan pisau.

Demikian ungkap Zulfikar Apayub salah seorang Anggota DPRK Bireuen yang ikut hadir mendampingi para pemain debus, Jumat malam 24 oktober 2014.

Zulfikar Apayub kepada penulis, menyampaikan harapan grup Rapai Daboh Simpang Mamplam, Bireuen yang di pimpin oleh TGK. Muhammad (Ayah) agar dinas pendidikan dan kebudayaan tidak lupa dengan Rapai Daboeh (Debus) karena penting sekali menjaga, memperhatikan dan menyelamatkan “Keuneubah Endatu” (Budaya dari nenek moyang-red) di zaman yang kian canggih, sebut Ayah melalui Zulfikar.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfikar Apayuh Anggota DPRK Bireuen dari Partai Demokrat berganding bahu bersama Humas dan Protokoler kabupaten Bireuen Farhan Husein menyerahkan sejumlah baju khas ulang tahun Bireuen yang ke – 15 untuk seluruh anggota grup Rapai Daboh Simpang Mamplam tersebut.

Baju khas yang bertuliskan Bireuen itu adalah hasil Sumbangan langsung Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud.(Hasbi/Tarmizi)

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>