Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Aceh Selatan » Rapat Tahunan Forum Pala Aceh: Lestari Palaku, Lestari Bumiku

Rapat Tahunan Forum Pala Aceh: Lestari Palaku, Lestari Bumiku

Rapat  Tahunan Forum Pala Aceh  Lestari Palaku, Lestari Bumiku.
Rapat Tahunan Forum Pala Aceh Lestari Palaku, Lestari Bumiku.

Tapak Tuan,sidaknews.com – Dalam rangka memperkuat jaringan kelembagaan dan silaturahmi para anggotanya, Forum Pala Aceh (FORPALA) menyelenggarakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada tanggal 9 Desember 2014 bertempat di Rumoh Agam, Kecamatan Tapak Tuan.

Kegiatan ini sesuai dengan mandat yang tercantum dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) FORPALA. Kegiatan ini diikuti oleh 325 anggota Forum Pala Aceh, utusan dinas terkait, USAID IFACS, pihak Kepolisian dan Koramil.

Kegiatan yang mengusung tema Lestari Palaku, Lestari Bumiku ini dibuka oleh Sekdakab Aceh Selatan, Bpk.Drs.H.Harmaini,M.Si dengan membacakan sambutan dari Gubernur Aceh.

Dalam sambutannya, Gubernur Aceh Zaini Abdullah menekankan pentingnya kehadiran Forum Pala Aceh untuk memperkuat komunitas petani pala di daerah Aceh Selatan dan Aceh.

Pemerintah Aceh bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota berjanji untuk mendorong lahirnya program penguatan pertanian pala di berbagai wilayah termasuk di Aceh Selatan yang merupakan Sentra Produk Pala Aceh, termasuk juga bekerja sama dengan lembaga non pemerintah seperti Forum Pala Aceh.

Sementara, target kedepannya adalah untuk meningkatkan kualitas pertanian Pala Aceh sekaligus mendorong terbukanya pasar yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan pala dunia yang saat ini adalah 30 ribu ton pertahun dan terus meningkat.

Ketua FORPALA, Dr. Mustafril,ST,M.Si dalam sambutannya menyampaikan program kegiatan FORPALA Tahun 2014 antara lain, telah melaksanakan Pelatihan Pembuatan Bibit Pala Sambutan (sambung pala hutan) untuk 11 kecamatan.

Total peserta mencapai 618 orang dan pembinaan serta pengembangan tempat pembibitan pala sambutan di 11 kecamatan yang merupakan sentra produksi pala dan satu lokasi sekolah lapang dan riset budidaya pala di Gampong Jambo Apha, Kecamatan Tapaktuan. Program di atas mendapat donasi penuh dari USAID IFACs.

Selanjutnya rencana program FORPALA ke depan antara lain, melanjutkan program pengembangan produksi bibit pala sambutan, penyuluhan konservasi tanah dan air pada budidaya pala dengan teknologi pembuatan saluran buntu (rorak) dan biopori, melanjutkan uji observasi bibit pala sambutan minimal tiga wilayah agroklimat, penyusunan.

Dan pengajuan dokumen Indikasi Geografis (IG) Pala Aceh, mendukung diversifikasi produk olahan berbasis pala dengan dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),

Gerakan Massal (GERMAS) Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Pala, dan Rencana Pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk tanam pala serentak 50.000 batang dalam rangka Ulang Tahun Kab. Aceh Selatan ke-70 Tahun 2015, yang diberi nama ” 7 Green in FORPALA”, tentunya jika mendapat dukungan dana dari berbagai pihak.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi B DPRK, Zamzami, ST, menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Komiditi Pala Aceh Selatan dengan menganggarkan Rp. 15 Milyar pada tahun depan (2015).

Sebagai bagian dari kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT), tiga perlombaaan juga dipertandingkan, yaitu Lomba Menyambung Pala “Sambutan” yang dimenangkan oleh peserta dari Kecamatan Bakongan Timur, Lomba Karya Tulis dengan tema Lestari Palaku, Lestari Bumiku yang dimenangkan oleh Dinda Maisuri dari SMA Unggul Tapaktuan, dan Lomba Lokasi Pembimbitan Pala terbaik dimenangkan oleh Kecamatan Bakongan Timur. (Tarmizi A.Gani)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>