Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Ratusan Guru dan Kepala Sekolah di Karawang Bakal Dirotasi

Ratusan Guru dan Kepala Sekolah di Karawang Bakal Dirotasi

Kadisdikpora Karawang Agus Supriatman.
Kadis Dikpora Karawang Agus Supriatman.

KARAWANG,sidaknews.com – Mutasi guru dan kepala sekolah akan dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang dalam waktu dekat. Ada ratusan kepala sekolah (kepsek) yang masuk gerbong mutasi tersebut. Ada guru yang dipromosikan menjadi kepala sekolah, ada pula kepala sekolah yang menjadi guru biasa.

Ditemui di ruang kerjanya, Kadis Dikpora Karawang Agus Supriatman mengatakan, pemberlakuan mutasi dan rotasi bagi guru dan kepala sekolah ini memang sudah dilaporkan ke atasan Disdikpora dalam hal ini Bupati/Wakil Bupati Karawang.

“Kalau untuk kepala UPTD tidak ada rotasi/mutasi tahun ini.Tapi kalau kepala sekolah berkasnya memang sudah diserahkan keatasan, jadi keputusan apakah disetujui atau tidak itu ada di atasan,” ujar Agus di ruang kerjanya.

Agus menjelaskan, dasar dari mutasi dan rotasi ini dinilai layak berdasar hasil tes dan laporan dari para pengawas,kepala UPTD, dan Kepala Bidang masing-masing jenjang.

Untuk kepala sekolah yang diberhentikan, menurut Agus, hal itu karena yang bersangkutan memasuki usia pensiun. Ada yang dijadikan pengawas, ada pula yang menjadi guru.

Agus menegaskan, kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Karena itu, wajar jika kembali menjadi guru. Selain itu, rotasi mutasi ini sudah sesuai dengan Perda no 8 dan Permenpan 2008 sehingga wajib dilaksanakan untuk penyegaran.

“Rotasi mutasi ini dalam rangka meningkatkan kinerja dan mendorong sekolah sekolah agar berkembang,” kata Agus.

Selain itu, faktor mutasi dan rotasi ini adalah mengacu kepada hasil penilaian kerja kepsek itu sendiri. Misal saja diambil dari penilaian segi pengalaman, pendidikan kualifikasi, dan faktor manajemen kepemimpinan sehingga kedepan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan di sekolah.

“Dilaksanakannya mutasi itu pada saat ada kekosongan. Dan kekosongan itu terjadi karena ada, saat periodesasi dan bukan hukuman tetapi itu persyaratan,” jelasnya.(ega)

Check Also

Pisah Sambut Walikota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Dengan hormat dan rasa terima kasih, kami berdua sampaikan kepada bapak H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *