Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Ratusan Siswa SD di Gandasoli Ramai-ramai Tanam Padi

Ratusan Siswa SD di Gandasoli Ramai-ramai Tanam Padi

ratusan siswa SD ini antusias bersama bupati terjun ke sawah untuk menanam padi atau istilahnya tanam mundur (tandur-red).
Bupati Purwakarta dan ratusan siswa SD ini antusias terjun ke sawah untuk menanam padi atau istilahnya tanam mundur (tandur-red).Dok.Sidaknews.com

PURWAKARTA.sidaknews.com- Musim penghujan yang memasuki masa tanam padi, dimanfaatkan ratusan murid sekolah dasar di desa gandasoli Kecamatan Plered untuk melakukan tanam raya yang dipusatkan di persawahan warga setempat.

Siswa SD ini tidak sendiri, mereka didampingi guru masing-masing. Juga yang paling ditunggu kehadiran Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH serta jajaran pejabat pemkab, Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk bersama menanam padi.

Tak perlu menunggu lama, sesaat Bupati Dedi tiba dilokasi, ratusan siswa SD ini antusias bersama bupati terjun ke sawah untuk menanam padi atau istilahnya tanam mundur (tandur-red). Tak ayal, 5 petak sawah yang luasnya sekira 2000 meter persegi ini seketika saja rampung ditanami padi. Namun begitu, tak jarang ada siswa yang terlihat kebingungan saat menanam, karena kurang memahami cara bertanam padi ini.

Melihat hal ini, Bupati Dedi beranggapan bahwa pendidikan sudah saatnya lebih mengedepankan karya dan hal produktif. Salahsatunya dengan mendidik siswa melalui pengajaran praktek langsung ke lapangan, “tanam mundur ini kan pendidikan yang produktif bagi siswa. Jadi harus dibiasakan guru mendidik siswa dengan praktek seperti ini” jelas Dedi singkat.

Sementara itu Rifki (11) siswa kelas 5 SDN 1 Gandasoli mengungkapkan kegembiraannya bisa ikut menanam padi. Dirinya mengaku baru mengerti cara menanam padi jika sudah praktek langsung. “Bagus pa. Di sakola mah da teuaya,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Yayah (12), siswa kelas 6 SDN 2 Gandasoli, Yayah mengaku banyak belajar dari cara bercocok tanam termasuk padi ini. ”Harusnya sering dilakukan pak. Bukan hanya di sawah, tapi cara membuat keramik,”imbuh Yayah.                 (ega nugraha)

Check Also

img_20170328_001457

Dukung Visit Bireuen Year 2018 BIROAD Bireuen Ekspos Lokasi Wisata Air Terjun Ie Rhob

Bireuen, sidaknews.com – Bireuen Trail Organization Adventure (Biroad), kembali melakukan aktivitas adventure-nya dalam wilayah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>