Selasa , 22 Agustus 2017
Home » Berita Foto » Ratusan Warga Geruduk Kantor PLN Tanjungpinang

Ratusan Warga Geruduk Kantor PLN Tanjungpinang

Aksi para pendemo di kantor PLN cabang Tanjungpinang, Senin (16/3). Foto: Ist
Aksi para pendemo di kantor PLN cabang Tanjungpinang, Senin (16/3). Foto: Ist

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terjadinya pemadaman listrik bergilir yang tidak beraturan dalam beberapa minggu belakangan di wilayah Kota Tanjungpinang membuat para pelanggan kesal dan marah pada pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Untuk melampiaskan rasa kekecewaan dan kemarahan, ratusan warga yang mengatasnamakan Aksi Solidaritas Masyarakat Kepri (ASMK) melakukan unjuk rasa di depan kantor PLN cabang Tanjungpinang di jalan Bakar Batu Tanjungpinang, Senin (16/3).

Unjuk rasa yang dimulai sekitar pukul 10.30 Wib tersebut, pihak pendemo meminta pihak PLN segera mengatasi permasalahan listrik yang dinilai pemadaman bergilir dilakukan secara “brutal” atau tak beraturan.

Pantauan di lapangan, berbagai aksi ditunjukkan para pendemo, mulai dari melempar gedung PLN dengan telur hingga melakukan aksi vandalisme dengan mencoret-coret sejumlah fasilitas PLN dengan tulisan berisi hujatan dan makian.

Selain itu, pengunjuk rasa juga membawa sejumlah peralatan elektronik yang mereka klaim rusak karena diakibatkan seringnya terjadi pemadaman listrik.

“Ini akibat sering mati lampu, peralatan listrik jadi rusak,” ujar pendemo melampiaskan kekesalannya.

Aksi para pendemo yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat ini secara keseluruhan berlangsung damai di bawah pengawalan ketat ratusan personil polisi dari Polres Tanjungpinang.

Meski demikian, akibat aksi pendemo, salah satu pintu masuk kantor PLN Tanjungpinang hancur berantakan. Kaca pintu tersebut pecah hingga berserakan di lantai. Persis di depan pintu yang rusak juga terlihat sejumlah peralatan elektronik yang dilemparkan para pendemo.

Saat unjuk rasa berlangsung, manajer PLN Tanjungpinang, Mahjudin sempat berdialog dengan para pendemo. Ia memberi penjelasan terkait pemadaman dan meminta maaf karena adanya pemadaman listrik.

“Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini!,” ujar Mahjudin. Meski meminta maaf dan para pendemo tidak merasa puas dengan penjelasan yang diberikan hingga suasana sempat memanas.

Dalam unjuk rasa, terlihat juga Gubernur Kepri HM Sani dan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah. Kedua pejabat ini sempat juga berdialog dengan warga.

Aksi para pendemo berakhir sekitar pukul 14.30 Wib setelah sebelumnya digelar rapat di kantor PLN yang dihadiri gubernur, wali kota dan perwakilan pengunjuk rasa.

Pemadaman Listrik “Brutal”

11035157_1625463237665052_671917928_oUsai aksi unjuk rasa, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, jika aksi tersebut dilakukan masyarakat karena kekecewaan kepada pihak PLN dalam permasalahan listrik yang selama ini terjadi pemadaman listrik yang tidak beraturan.

“Apa yang disampaikan masyarakat normatif kok. Ini kan pemadaman brutal namanya. Dalam satu hari bisa dua sampai tiga kali mati listrik. Ini yang membuat warga kesal pada PLN,” ujar Lis.

Lis mengutarakan jika sebelumnya pihak PLN mengadakan pemadaman bergilir secara teratur, kemungkinan masyarakat tidak akan sampai melakukan aksi unjuk rasa.

“Kalau pemadaman tertib, teratur mungkin masyarakat bisa menerimanya. Jauh hari sebelumnya, saya sudah ingatkan PLN agar jangan sampai masyarakat bergejolak, kan hal ini terjadi juga akhirnya,” ujar Lis.

Lis juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan aksi unjuk rasa akan berlanjut. Untuk mengantisipasi hal ini, maka diadakan pertemuan dengan pihak kantor wilayah (Kanwil) PLN Pekanbaru.

“Saya kira permasalahan ini tidak bisa diselesaikan dengan begitu cepat. Masih banyak yang harus dibenahi. Kita tunggu saja nanti hasil pertemuan dengan pihak Kanwil,” kata Lis.

Meski demikian, dirinya berharap permasalahan terkait pemadaman listrik ini segera dapat diselesaikan sehingga tidak sampai mengganggu jalannya roda perekonomian di Kota Tanjungpinang.(Rindu Sianipar)

Check Also

Kodim Bintan Ringkus Lima Terduga Pengedar Narkoba

Tanjungpinang, sidaknews.com – Jajaran intel Kodim 0315/Bintan berhasil meringkus lima pria yang diduga jadi pengedar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *