Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Rencana Pembukaan Bazar Seni Budaya se-Asia Pasifik

Rencana Pembukaan Bazar Seni Budaya se-Asia Pasifik

Panggung. Tampilan seniman Thailand
Panggung. Tampilan seniman Thailand.

PURWAKARTA,sidaknews.com – Rangkaian hari jadi kabupaten ke 46 dan purwakarta ke 183, kini tinggal menyisakan 2 gelaran acara lagi. Setelah diawali rapat paripurna istimewa hari jadi oleh DPRD setempat, 20 juli lalu, kemudian parade 1001 bedug malam takbiran, 20 juli.

Dilanjutkan dengan panggung tatar sunda dan cirebonan 9 agustus, panggung nusantara dan parade egrang 16 agustus dan pekan lalu 23 agustus dengan pawai cetok memecahkan rekor Muri. Kini acara memasuki Bazar Seni dan Budaya se Asia Pasifik yang digelar rabu ini (27/08) hingga sabtu (30/08) menjelang pelaksanaan karnaval seni budaya se Asia Pasifik pada sabtu malam.

11 negara pun sudah menyatakan kesiapannya dan tiba di purwakarta sejak selasa (26/08) kemarin. Mereka menempati beberapa hotel yang sudah disediakan. Tinggal menunggu kepastian dari 2 negara lagi yang diundang. 11 negara yang sudah datang, diantaranya China, Jepang, India, Korea Selatan, Papua Nugini, Thailand, Myanmar, Philipina, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Sementara 2 negara yang belum hadir Brunei Darussalam dan Singapura.

panggung. Tampilan Seniman Malaysia.
Panggung. Tampilan Seniman Malaysia.

Bazar Seni Budaya yang digelar dipusatkan di areal Alun-alun Kiansantang Purwakarta. 44 stand pameran pun disediakan panitia. Selain diikuti negara peserta, stand pameran ini juga dimeriahkan 10 Propinsi di Indonesia dan 10 kabupaten/kota di jawa barat, yang memang merupakan peserta dari karnaval seni budaya asia pasifik sabtu mendatang.

10 propinsi itu diantaranya Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Yogyakarta, Papua, Lampung, banten dan Jawa Barat. Selain dari daerah di indonesia, adapula stand dari perusahaan swasta yang ada di purwakarta serta produk niaga.

Rencananya pembukaan bazar seni ini akan digelar rabu (27/08) malam ini tepat di depan bale gede maya datar (tribun) komplek alun-alun kiansantang.

Dalam pembukaan bazar seni, ditampilkan pula seni budaya negara-negara peserta festival asia pasifik. Pantauan media dilapangan, komplek alun-alun kiansantang sangat riuh oleh berbagai persiapan baik panitia maupun peserta. Diantara mereka ada yang menggelar gladi pembukaan, latihan performance dan menata stand pameran yang diisi dengan berbagai produk dan pernik seni budaya masing-masing.

Seni Budaya yang ditampilkan

Rencananya, dalam pembukaan bazar seni ini negara peserta akan menampilkan seni budaya andalannya masing-masing.
1.Seperti Malaysia yang akan menampilkan 2 perform yakni parade Kilas Pahlawan dan Pentas Dikir Fusion. Khalid Mohamad Nor, koreografer yang sekaligus pimpinan peserta negara malaysia dari sanggar seni Istana Budaya, Malaysia menjelaskan 2 perfom dari negaranya ini.

Menurutnya Parade Kilas Pahlawan semacam tarian pembuka setiap upacara resmi di malaysia yang diiringi rampak lagu dari gabungan suku adat istiadat yang ada di negeri jiran ini. Gerakan kepahlawanan ini merupakan apresiasi kesantunan adat dan budaya negara serumpun malaysia.

Selain kesantunan, kilas pahlawan juga menampilkan kegagahan, ketangkasan sekaligus lemah gemulainya para penari. Musik yang mengiringi berjudul Gema Serumpun, Zapin Tenglu dan Joget Mat Kilau.

Sementara itu, perform kedua dikir fusion semacam gerakan tarian yang mengkolaborasi gerakan asas dikir barat yang populer di timur semenanjung malaysia. Lagu yang mengiringi berjudul dikir fusion.

2.Thailand

Thailand dibawah pimpinan Mr.Poomrat Damyot dari group Kalasin College of Dramatic Arts akan membawakan Seni Budaya asli wilayah bagian timur laut Thailand atau biasa disebut suku Isan Thailand.Isan Thailand yang menakjubkan akan ditampilkan keunikan seni budaya dari penduduknya.

suku Isan ini kaya dengan seni dan budaya serta memiliki jalan kehidupan dan kepercayaan yang berbeda, “pertunjukan ini akan menghadirkan kenyamanan dan kebahagiaan.sering ditampilkan dalam acara tradisi dan festival internasional. maknanya, agar penonton bisa terlibat merayakan kebahagiaan dan kesenangan” beber Poomrat. sementara itu, instrumen parade mencakup kecapi elektronik khas thailand, drum dan simbal yang panjang.

3.INDIA
tak kalah menarik, seniman dari grup Nrityadhara Kathak Research Institute India ini akan menampilkan Tarian Naman, tarian Lavani dan gerakan kaki berirama dari para penari yang diiringi alat musik Dholaki. Dholaki alat musik khas yang populer masyarakat dibagian Maharashtra India ini menyerupai barel dua gendang tangan berkepala satu kayu.

Alat musik ini menggambarkan perdamaian, digunakan untuk mengiringi tarian Lavani yang merupakan tarian rakyat setempat. namun sebelumnya, sebagai tarian pembuka ada Tari Naman, yang menggambarkan Dewa Siwa yakni dewa yang diyakini sebagai dewa dari semua Tari. sehingga setiap gelaran seni tarian di Maharashtra harus diawali dengan Tarian Naman sebagai permulaan mengawali pekerjaan, tujuannya sebagai penghormatan kepada Tuhan Shiva (Nataraja) untuk memohon berkah dan kelancaran dari pagelaran yang akan dilaksanakan.

Tarian dilanjutkan dengan Lavani yang dimainkan seniman perempuan india dengan pakaian khasnya. musik pengiring Lavani biasanya berirama dan deskriptif.di masa lalu tarian Lavani dilakukan untuk menghibur raja. sebelum tarian dimulai, ada salam penari yang disebut mujara.

Kemudian diakhiri dengan gerakan kaki yang berirama dari para penari dilengkapi dengan banyak lonceng (gengge) di pergelangan kaki mereka dan gerakan ritmis dengan instrumen dholaki, tabla dan dholak. bersambung. (Ega)

Check Also

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah melantik dan mengukuhkan seluruh Kepala sekolah Menengah Atas (SMA), SMK dan juga Sekolah Khusus di jajaran Dinas Pendidikan Aceh dalam kegiatan yang berlangsung di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (27/3/17).

Gubernur Aceh Kukuhkan 664 Kepala SMA/SMK

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah mengukuhkan sebanyak 664 Kepala SMA, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>