Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Rencana Rehabilitasi Gedung Dinkes Siantar Diduga Sarat Kepentingan

Rencana Rehabilitasi Gedung Dinkes Siantar Diduga Sarat Kepentingan

Kondisi kantor Dinkes Siantar yang terlihat masih kokoh.
Kondisi kantor Dinkes Siantar yang terlihat masih kokoh.

Siantar,sidaknews.com – Kondisi bangunan kantor Dinas Kesehatan Jalan Sutomo No. 246 Pematangsiantar hanya mengalami keretakan di beberapa dinding alias masih bisa dilakukan renovasi ringan guna mendempul bagian yang rusak melihat kekuatan bangunan masih sangat kokoh.

Bangunan yang kondisi masih bagus tpi akan dibongkar sehingga adanya terihat penghamburan uang, bahkan DPRD Kota Siantar diduga dalam hal ini sudah kecolongan bila menyetujui rencana yang dianjurkan Pemko Siantar, melihat masih banyak bangunan yang merupakan aset Pemko lebih layak lagi dilakukan rehabilitasi berat.

Rencana rehabilitasi berat gedung kantor Dinkes dengan kode lelang 137526 dengan penentuan pemenang lelang sampai saat ini masih dalam tahapan Pascakualifikasi menggunakan metode pengadaan e-Lelang namun dalam hal pemilihan pemenang tender harus adanya pengawasan ekstra dari inspektorat, DPRD begitu juga dengan aparat penegak hukum yang memiliki wewenang dalam penanganan penyimpangan keuangan.

Sumber anggaran APBD Tahun Anggaran 2014 dengan besar pagu dana senilai Rp 4.155.000.000,- sangat terlihat dipaksakan melihat hasil pantauan langsung hanya ditemukan 10 titik keretakan diantaranya 2 titik keretakan yang sangat fatal. Rencana pembongkaran Dinkes tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan akan penghancuran bangunan aset Negara maupun Daerah harus terlebih dahulu melakukan cek uji kelayakan gedung bangunan yang dilakukan staff ahli sertifikat yang diakui negara.

Pembongkaran gedung kantin dibelakang kantor Dinkes yang merupakan satu pondasi dinding sangat kuat dugaan penyalahan wewenang atau sudah dilakukan tanpa adanya prosedur pembongkaran aset negara / daerah, dilihat dari ULP resmi Pemko Siantar sampai saat ini masih dalam tahap pembukaan penawaran dan belum ada SPK namun informasi yang didapat pemenang tender akan dimenangkan salah seorang rekanan berinisial “BS”.

LSM Badan Pemantau dan Penyelamat Aset Negara (BP2AN) melalui Ketua Umum D. Manurung dijumpai dikantor sekretariat Perumahan Merantai Permai Nomor 4 Pematangsiantar, minggu (24/8) pukul 13.40wib menjelaskan adanya temuan indikasi telah ditetapkan pemenang tendernya secara sepihak.

Sampai saat ini paket kegiatan secara e-lelang masih tahap verifikasi dan pembukaan tender lelang tetapi sudah ada kegiatan pembongkaran salah satu ruangan walapun hanya ruangan kantin harusnya sesuai dengan peraturan ketentuan pembongkaran aset negara/daerah.

“Dalam hal rencana rehabilitasi berat kantor Dinkes Siantar yang dilakukan secara e-lelang dengan ketentuan verifikasi tertentu sangat kuat dugaan adanya pencaturan yang dilakukan pejabat untuk menentukan perusahaan pemenang tender” jelasnya.

“Sampai saat ini masih tahapan pembukaan tender kok sudah ada pembongkaran gedung kantor sekalipun itu dibangun pemilik kantin dan untuk menjaga reruntuhan langsung diadakan pembongkaran, padahal itu kan bangunan berada diatas aset pemko ya berarti itu kan harus sesuai peraturan yang berlaku, malah dibongkar sesuka hati” kesalnya.

Seorang staff ditemui dihalaman kantor Dinkes enggan menyebutkan namanya, jumat (22/8) pukul 11.05wib menjelaskan bahwa Kadis berada disalah satu ruang pertemuan mengikuti acara Halal bi halal. Rencana rehabilitasi berat gedung kantor yang terlihat masih kokoh hanya mengalami keretakan dibeberapa titik sudah hampir selesai dikosongkan.

“Setau saya Pak Kadis diruang belakang bang dalam acara halal bi halal langsung aja bang jumpai beliau untuk konfirmasi tentang hal itu bang, tapi memang benar kami disuruh untuk mengosongkan bangunan ini padahal tujuan pastinya kami tidak tau” jelasnya.

“Informasi juga sampai ketelinga saya gedung nomor 246 akan dirubuhkan guna pembangunan gedung baru mulai dari dasar, memang saat ini terlihat bangunan sudah banyak yang retak di beberapa titik dindingnya, bahkan dinding sebelah kiri bangunan ini keretakanya sudah amat panjang kuat penilaian akan tidak tahan lagi” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar saat disambangi kekantornya tidak berada diruang kerja, jumat (22/8) pukul 13.25wib saat dikonfirmasi melalui pesan singkat tidak bersedia memberikan informasi tetapi hanya memberitahukan bahwa Kadis sedang berada di kota Medan tanpa alasan kedinasan.

Daniel Siregar selaku Humas Pemko Siantar juga sangat tertutup dalam rencana rehabilitasi kantor Dinkes Jalan Sutomo Nomor 246 Pematangsiantar, bahkan saat dikonfirmasi melalui telepon begitu juga dengan pesan singkat tidak ada respon, hal ini menjadi semakin menguatkan buruknya citra kepemimpinan Hulman Sitorus,SE dalam memberikan pengarahan kepada SKPD untuk menjadi mitra yang baik dalam pemberian informasi keterbukaan publik. (SyamP)

Check Also

Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi diterima Pj Walikota H Zulkarnain bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung dan Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari Hasibuan.

Kunjungan KPK RI Saut Situmorang Ke Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>