Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » RSUD Karawang Pasang Tarif Scan Rp 2 Juta

RSUD Karawang Pasang Tarif Scan Rp 2 Juta

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang.

KARAWANG,Sidaknews.com – Dengan dalih alatnya rusak, pasien peserta BPJS yang tengah menjalani perawatan di RSUD Karawang, dibebani Rp2 juta untuk biaya scan. Parahnya, karena tak mampu melakukan scan, perawatan pasien dihentikan.

“Saya tak habis pikir, kenapa menggunakan BPJS tapi masih tetap ada beban biaya. Dan beban itu bagi kami sangat besar,” ujar putra tertua salah satu pasien peserta BPJS RSUD Karawang, Abu Rizal.

Dikatakan dia, ayahnya, Anim, 56, warga Kampung Babakan Sanaga Kelurahan Adiarsa Barat Kecamata Karawang Barat, sebelum meninggal dunia, pernah menjalani perawatan di RSUD Karawang. Keluhannya saat itu, pusing dan muntah-muntah.

“Sempat dirawat. Namun setelah tiga hari menjalani perawatan, tiba-tiba saya dipanggil dokter yang menangani ayah saya itu. Kata dia, kami harus membayar Rp2 juta untuk biaya scan,” lanjut Abu Rizal.

Karena penasaran, Abu Rizal pun kemudian menanyakan kepada dokter tersebut prihal alasan membayar biaya scan itu. Dan jawaban dari dokter, lanjut Abu Rizal, lantaran scan tersebut dilakukan di rumah sakit swasta karena alat scan yang ada di RSUD Karawang rusak.

“Jelas bagi kami biaya itu sangat besar. Kami kira dengan menggunakan BPJS tak ada lagi beban biaya,” katanya.

Karena tak ada biaya, tambah Abu Rizal, pihak keluarga menunda melakukannya. Hingga akhirnya ayahnya meninggal dunia, pada Rabu (12/10) malam.

Sementara itu, dihubungi wartawan, Plt Direktur Utama RSUD Asep Lukman, mengakui kalau alat scan yang ada di RSUD Karawang lagi rusak dan harus diinstal ulang. Dia pun mengakui soal adanya biaya scan Rp2 juta.

“Ya kalau melakukan scan di rumah sakit lain, di luar RSUD itu beban biayanya Rp2 juta,” katanya. (ega)

Check Also

Pemko Langsa Salurkan Dana Meugang Kepada 6.700 Fakir Miskin

Langsa, sidaknews.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 1438 H, Pemerintah kota Langsa menyalurkan bantuan berupa uang untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *