Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » RT/RW Se-Kota Tanjungpinang Terima Insentif Triwulan II

RT/RW Se-Kota Tanjungpinang Terima Insentif Triwulan II

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH
Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH Saat memberikan kata sambutan pada acara penyerahan Intensif Triwulan II kepada RT/RW Se-Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang,sidaknews.com – Seperti pada triwulan 1 yang lalu, kali ini RT/RW se-Kota Tanjungpinang kembali menerima insentif triwulan ke-2 yang diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Sabtu (19/7), di aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Penyerahan insentif dibarengi pula dengan pemberian bingkisan lebaran kepada 839 RT/RW se-Kota Tanjungpinang. Bila pada triwulan 1 yang lalu penyerahan dilakukan di 2 kecamatan, pada penyerahan kali ini karena bertepatan dengan bulan Ramadhan maka penyerahan dilakukan secara bersamaan. “Lagi puasa, kita harus menghemat energi juga.” Ujar Lis sambil tersenyum.

R. Monrovia selaku Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setdako Tanjungpinang sebagai penyelenggara acara mengatakan, terkait dengan akan adanya pemekaran wilayah, bersama dengan para Camat dan Lurah.

Dalam acara tersebut akan segera membahas Perwako yang mengatur tentang RT dan RW seperti pembatasan berapa jumlah maksimal RT dalam 1 RW serta berapa jumlah maksimal KK dalam 1 RT, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pelaksanaan pemerintahanan. “Hal ini untuk pengaturan yang lebih detail lagi berdasarkan peraturan yang ada diatasnya (permendagri).” Katanya.

Walikota
Walikota Saat memberikan Insentif Triwulan II dan Bingkisan.

Pemilihan RT/RW sendiri boleh dipilih berdasarkan pemilihan atau ditunjuk langsung oleh masyarakat berdasarkan tokoh yang mereka percayai mampu menjalankan amanah.

“Masa jabatan RT/RW ini tidak ada batasnya. Beda dengan presiden, gubernur atau walikota. Selama masyarakat masih mempercayakannya maka sah-sah saja seseorang itu menjabat sebagai RT/RW.” Tutur Lis.

Lebih lanjut dikatakan Lis, sebagai ujung tombak pelaksanaan roda pembangunan, setiap RT dan RW dituntut untuk selalu proaktif di masyarakat, begitu juga dengan lurahnya. “RT dan RW wajib menilai dan mengevaluasi lurahnya.

Kalau lurahnya sulit untuk diajak berkoordinasi dan tidak kooperatif, laporkan kepada Saya. Begitu juga dengan lurahnya. Wajib untuk mengevaluasi kinerja RT/RW nya.” Tegas Lis. “Kerjasama antar RT/RW bersama dengan para camat dan lurah haruslah sinergis. Masing-masing dapat saling melakukan fungsi pengawasan.” Ujarnya.

Walikota
Walikota saat menberikan Insentif Triwulan II dan Bingkisan.

Sementara itu, besaran insentif yang diterima RT/RW tidak berbeda dari triwulan 1 yang lalu, yaitu sebesar Rp. 1.096.875,-. Ditambah dengan adanya paket bingkisan lebaran, Lis berharap bantuan yang diberikan, walaupun tidak besar, tapi dapat membantu mencukupi kebutuhan terlebih menjelang lebaran.

Selain RT dan RW, sebanyak 23 KK dari beberapa kelurahan juga turut menerima bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang. Bantuan diberikan kepada para korban kebakaran dan puting beliung beberapa waktu silam.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk buku tabungan dimana didalam buku tabungan tersebut sudah tertera jumlah bantuan yang diterima. Setiap KK menerima jumlah yang berbeda sesuai dengan kerugian yang dialami.

“Jumlahnya mungkin tidak besar. Tapi setidaknya bisa membantu meringankan beban. Untuk fisik, bila tidak terakomodir didalam bantuan ini akan kita usahakan di RTLH nanti.” Kata Lis.(Erva/Mel)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>