Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Rudianto dituntut 3,5 tahun penjara

Rudianto dituntut 3,5 tahun penjara

Mantan PPTK Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga.
Rudianto. Mantan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Terdakwa Rudianto dituntut hukuman penjara selama tiga tahun dan enam bulan oleh jaksa penuntut umum Kejari Dabo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tanjungpinang, Kamis (22/5). Ia terbukti bersalah dan mengakui perbuatannya melakukan korupsi atas uang negara sekitar Rp 173.300.000.

Dalam tuntutannya, JPU Edy Prabudy menyatakan, berdasarkan fakta dalam persidangan, perbuatan terdakwa terbukti dalam pasal 2 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksaann Keuangan dan Pembangunan, kerugian negara atas perbuatan terdakwa sekitar Rp 173.300.000.

Tuntutan ini diajukan berdasarkan berbagai pertimbangan. Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa merugikan negara, terutama Pemkab Lingga, tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi, dan meresahkan para guru honor di daerah terpencil. Sementara itu, hal-hal yang meringakan yaitu terdakwa mengakui perbuatannya dan punya tangggungan keluarga.

“Kami menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama tiga tahun dan enam bulan. Terdakwa juga didenda sebesar Rp 200 juta,” ujar JPU Edy.

Bila uang denda tak mampu dibayar, maka terdakwa Rudianto menjalani hukuman lagi selama enam bulan itu. Tak hanya itu, terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti sebesr Rp 173.300.000. Bila uang pengganti tidak dibayar maka terdakwa dihukum lagi selama dua tahun penjara.

Usai mendengarkan tuntutan JPU, Ketua Majelis Hakim Iwan Irawan menundan sidang hingga 2 Juni mendatang dengan agenda pembacaan pledoi atau nota pembelaan dari penasehat hukumnya, Ernawati.

Untuk diketahui, Rudianto pada 2012 menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga. Dana insentif bagi para guru honor, penjaga sekolah dan tata usaha non pegawai dipinjam pakai oleh mantan Kadisdikpora saat itu, Abdul Razak.

Rudianto mengakui kalau uang yang dikelolanya itu dimintan Abdul Razak untuk berobat ke Malaysia. Dana insentif itu disalurkan Rudianto pada 2013 setelah diganti.(Red)

Check Also

Anggota Ramil 09/DAM Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Warga

Aceh Timur, sidaknews.com  – Warga Gampong Kedai Kecamatan Idi Cut Kabupaten Aceh Timur dikejutkan dengan Api yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *