Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Rumah Terendam Banjir Sejumlah Warga di Bireuen Mengungsi,Tambak dan Sawah Ikut Musibah

Rumah Terendam Banjir Sejumlah Warga di Bireuen Mengungsi,Tambak dan Sawah Ikut Musibah

Dapur Umum Pengungsi Banjir di Desa Samuti Aman, Kecamatan Makmur (Foto, Tarmizi A.Gani)
Dapur Umum Pengungsi Banjir di Desa Samuti Aman, Kecamatan Makmur (Foto, Tarmizi A.Gani)

BIREUEN,Sidaknews.com – Sejumlah warga di sejumlah Desa di Kecamatan Gandapura dan Kuta Blang hari ini Kamis 25 Desember 2014, harus mengungsi akibat hujan deras yang membuat air menggenangi rumah-rumah mereka.

Di Gampong (desa-red) Lhok Mambang, disampaikan Keuchik (Kepala Desa-red) nya Jasaun, air di rumah-rumah warga mencapai ketinggian satu meter, 80 KK (300 jiwa) terpaksa harus mengungsi, sekitar 20 hektar sawah dan sejumlah tambak rusak, ungkap Jasaun kepada penulis.

Menyangkut kondisi di pengungsian, Bupati Bireuen melalui dinas terkait sudah mengantarkan sejumlah bantuan darurat ke sejumlah titik pengungsian termasuk ke Desa Lhok Mambang ungkap Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Bireuen Farhan Husein, SE, MM.

“sementara untuk pengungsi Lhok Mambang bantuan juga datang dari PT Syaukath Sejahtera dan dari beberapa partai Politik yang ada di Aceh, sebut Keuchik Lhok Mambang”, saat di temui penulis.

Pengunsian lainnya juga terjadi di Gampong Samuti Aman dalam Kecamatan Gandapura, 70 KK (300 jiwa) sudah mulai mengungsi sejak tadi pagi ungkap Mulyadi Keuchik (Kepala Desa-red) Samuti Aman, tersebut kepada penulis di hadapan warga.

Sejumlah kerugian, diperkirakan 20 hektar tambak musibah dan rusak, begitu juga dengan sawah seluas mencapai 53 hektar sudah tidak lagi bisa di andalkan untuk kebutuhan pangan mereka, entah bagaimana kedepan ini ungkap Kepala Desa, Tambak hancur, sawah gagal, akibat banjir sebuah pabrik padi yang beroprasi di Gampong tersebut juga harus di tutup, karena di genangi air, jelas Mulyadi.

Hasil pantauan penulis, di Samuti Makmur Kecamatan Kuta Blang, warga juga terlihat mulai mengangkut sejumlah barang ke menasah, karena air mulai memasuki rumah-rumah mereka,

Sejumlah dapur umum dibuka di sejumlah titik pengungsian, Kapolres Bireuen AKBP M.Ali Khadafi SIK bersama jajarannya termasuk ibuk-ibuk Bhayangkari, Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Bireuen Farhan Husein, SE, MM, Dandim 0111, Takabeya Group, IOF (Indonesia Offroad Federation), Komunitas Biroad (Bireuen of Road Advanture) Tim Relawan TAGANA Bireuen dan Rapi 0105 Bireuen, turun langsung ke lokasi pengungsian hari ini.

Pengungsi diperkirakan akan terus bertambah jika hujan tidak berhenti malam ini. (Oleh: Tarmizi A. Gani)

Check Also

Korban dan kondisi pasca banjir di tapsel dan kota psp.

Sungai Batang Kumal Tapsel Meluap, Seorang Warga Ditemukan Tewas 

Tapsel, sidaknews.com – Akibat Maraknya penebangan liar dikawasan kaki gunung lubuk raya  dan penguasaan lahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>