Home » Berita Foto » Rumondang, Pegawai Teladan Nasional

Rumondang, Pegawai Teladan Nasional

17-23 agus 13 kepriraya rumondang pakpahan tenaga kesehatan teladan tingkat nasional tahun 2013 bekerja di puskesmas km 10 tanjungpinang2Tanjungpinang (sidaknews.com) – Kota Tanjungpinang boleh bangga karena seorang pegawai di Puskesmas KM 10 mendapat penghargaan dari Presiden RI sebagai pegawai teladan tingkat nasional tahun ini, 15 Agustus lalu di Istana Negara, Jakarta.

Rumondang Pakpahan, nama pegawai tersebut. Ia merupakan staf gizi di Puskesmas KM 10 Tanjungpinang. Ia merupakan perwakilan dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya dari 33 provinsi se-Indonesia.

“Penghargaan ini berkat doa dan dukungan dari lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang. Tanpa kerjasama yang baik saat bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat di lapangan, tidak mungkin saya meraih prestasi tertinggi ini,” katanya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kamis (22/8).

Ia mengaku tidak menyangka bisa mewakili Kepri di tingkat nasional dalam lomba ini dan terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan tingkat nasional.

“Audensi dan tanya jawab di hadapan para juri yang merupakan juri terdiri dari Kementerian Kesehatan RI. Tema makalah dalam mengkampanyekan tentang kampanye pemberian air susu ibu eksklusif bagi bayi berusia di bawah enam bulan,” jelasnya.

Sebagai petugas konselor di lapangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, ia pernah menemukan kasus pasien yang terindikasi gizi buruk di Tanjungpinang. “Setelah diteliti ternyata pasien gizi buruk tersebut diberikan susu formula oleh orang tuannya. Setelah dianjurkan meminum asi eksklusif, bayi itu tumbuh sehat,” tuturnya.

“Petugas kesehatan di puskesmas terus mempromosikan pemberian ASI eksklusif untuk bayi. Namun tidak segampang membalikkan telpak tangan. Pperlu perjuangan dan kerja keras. Tantangannya adalah berbagai promosi dari produsen susu formula. Namun kami terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan pentingnya ASI eklusif kepada bayi dibawah enam bulan,” ungkapnya.

Saat berdialog dan wawancara dengan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Rumondang menceritakan, masih banyak bidan di Kepri yang terikat kontrak dengan produsen susu formula.

“Sehingga saat ibu melahirkan, bayi diberikan susu formula. Padahal, alangkah baiknya bayi di bawah enam bulan diberikan ASI ekslusif. Sayangnya, para bidan menyarankan susu formula. Ini masih banyak terjadi di Kepri,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif yang mewajibkan tenaga kesehatan dan pengelola fasilitas kesehatan untuk mempromosikan pemberian ASI eksklusif bagi bayi berusia di bawah enam bulan.

Penghargaan ini bagi Rumondang menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan yang terbaik.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam merasa bangga dan bersyukur atas prestasi stafnya itu. Ia berharap, pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang khususnya di Dinas Kesehatan dapat meniru kinerja Rumondang Pakpahan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ikhlas.

“Kita semua patut meniru kinerja Saudari Rumondang Pakpahan. Dia bekerja dengan tulus dan penuh tanggungjawab serta mengabdi untuk melayani masyarakat. Saat kondisi apapun, bila dibutuhkan tetap turun. Itu merupakan tugas dan pengabdian konselor penyuluhan gizi yang baik,” tegasnya.

Rustam menjelaskan, Kementerian Kesehatan setiap tahun mengadakan penilaian di bidang kesehatan diantaranya, penilaian terhadap dokter, penilaian kepada bidan dan perawat serta penilaian kepada tenaga kesehatan masyarakat dan gizi.

“Dengan peraihan pestasi gemilang yang didapat Rumondang, semoga kita semua terutama petugas lapangan dapat terpacu dalam melayani masyarakat. Kepada petugas agar meniru yang dilakukannya. Jangan menilai sesuatu dengan imbalan,” pungkasnya. Sumber:Haluan kepri

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>