Jumat , 24 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Rumput Laut Dapat Memakmurkan Petani Di Sulawesi Selatan, Kontingen Aceh Terpukau

Rumput Laut Dapat Memakmurkan Petani Di Sulawesi Selatan, Kontingen Aceh Terpukau

“Laporan Dari Sulawesi Selatan”

Kontingen Aceh yang sedang mengikuti peringatan Hari Pangan Nasional di Makasar terpukau dengan bisnis rumput laut ( Foto, AHDAR )
Kontingen Aceh yang sedang mengikuti peringatan Hari Pangan Nasional di Makasar terpukau dengan bisnis rumput laut ( Foto, AHDAR )

MAKASSAR,Sidaknews.com – Perjalanan dari Makassar ke Bantaeng, sebuah kabupaten bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan membutuhkan waktu tiga ( 3 ) jam perjalanan dengan jarak 123 km, demikian tulis Drh. Ahdar, MP Kepala UPTD BDP Saree, Aceh Minggu ( 09/11/2014 ) kepa penulis. dari Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bantaeng yang dinakhodai oleh Nurdin Abdullah yang juga Bupati teladan telah mengubah seratus persen kabupaten tersebut dari sebelumnya ( 5 – 6 tahun lalu – red ), Bupati yang sedang menjabat kali kedua ini telah menyulap Bentaeng menjadi Kota Wisata Bahari disamping wisata agro dan wisata budaya, ungkap Ahdar.

Kunjungan wisata kontingen Aceh ( pada event Hari Pangan Sedunia – red ) Jumat 07/11/ yang memilih salah satun lokasi kunjungan yaitu Pantai Lamalaka Kabupaten Bantaeng. Pantai Lamalaka dikenal banyak budidaya rumput laut, masyarakat sekitar telah diberdayakan untuk mengembangkan usaha tersebut, rata-rata pendapatan mereka per kepala keluarga sebesar Rp.150.000,- per hari, jelas Ahdar.

Produksi rumput laut dari daerah tersebut telah dieksport ke luar negeri, dengan harga Rp 12. 500 jika rumput laut itu kering dan di ambil pembeli di lokasi usaha mereka.

Sambil menikmati air kelapa muda di pinggir pantai kontingen Aceh berbincang – bincang dengan pedagang setempat, mereka mengungkapkan bahwa sekarang ini kehidupan mereka berubah jauh lebih baik dari sebelumnya, berkat usaha yang di tekuni mereka dengan binaan pemerintah setempat masyarakat sudah mampu menyekolahkan anak – anaknya, membangun rumah dan membeli kenderaan, ungkap warga sebagaimana seperti di ceritakan Ahdar pada penulis yang juga Aktifis Pertanian dan Peternakan.

Pemerhati Pangan Aceh Hasanuddin Darjo beserta rombongan mengin spirasikan supaya Aceh Besar bisa seperti Bentaeng. Ada beberapa lokasi di Kabupaten Aceh Besar yang dapat diupayakan untuk budidaya rumput laut, bila perlu diupayakan sampai dengan pasca panen untuk meningkatkan nilai tambah.

Integrasi usaha budidaya dan pengolahan rumput laut dengan wisata bahari sangat menjanjikan di Kabupaten Aceh Besar, tambah beliau, kami sungguh terpukau melihatnya, ungkapkan Ahdar sang Kepala UPTD BDP Saree, Aceh tersebut. (Tarmizi /Hasbi)

 

Check Also

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus.

Polda Jabar Akan Mengusut Peyebar Berita HOAX Penculikan Anak

Bandung,sidaknews.com – Terkait penyebar berita bohong (hoax) tentang penculikan anak di media sosial (medsos) yang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>