Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Saefuddin: Biaya Operasional Perbaikan Dan Perawatan Tiap Bulan Dianggarkan

Saefuddin: Biaya Operasional Perbaikan Dan Perawatan Tiap Bulan Dianggarkan

-Peralatan Hydrant Gang Antara Dua Bulan Belum ada di Cek Petugas.

Hydrant Jasa Pengamanan.(Foto:Istimewa)
Hydrant Jasa Pengamanan.(Foto:Istimewa)

Tanjab Barat,Sidaknews.com – Masyarakat menilai bahwa pengadaan Hydrant di beberapa titik di kota kuala tungkal Provinsi Jambi sepertinya hanya sekedar kebutuhan untuk menambah angggaran proyek di Badan Penanggulangan Bencana Kebakakaran (Damkar).

Pipa Fire Hydrat berfungsi untuk menyalurkan atau mendistribusikan air ke titik-titik pengeluaran pada jaringan proteksi kebakaran. Tapi sangat disayangkan belakangan ini tiap kali kebakaran hydran ini banyak yang macet dan tidak berfungsi. Salah satunya seperti hydrant yang terletak di atas tanah warga di Gang Antara Jalan Pelabuhan.

Masyarakat Jalan Pelabuhan Gang Antara memaparkan kepada media ini Kamis (4/12) bahwa Hydrant yang terletak di atas tanah warga di Gang ini sudah dua bulan lebih tidak ada disentuh-sentuh petugas Damkar. Warga disini menilai jika memang tidak ada perawatan dan pemeliharaannya lebih baik di cabut saja Hydrant ini dari pada cuma jagi tunggul.

Toh kenyataannya sejak ada Hydran ini juga tidak ada fungsinya, seperti kebakaran tahun 2011 lalu dimana hydran ini tidak bisa digunakan sama sekali. dan ini belum hilang dari ingatan warga disini hampir 5 jam air dari hydran ini dicoba petugas, faktanya tidak juga bisa difungsikan dan hanya air kolam dibawah kolong rumah wargalah yang bisa di pakai untuk menyiram dan memadamkan Api.

Jadi wajar jika warga masyarakat kota kuala tungkal lebih memuji mesin Yayasan Budi Luhur dari pada Damkar yang dinilai lamban dalam setiap ada kebakaran dikota ini. Seharusnya pihak Damkar bisa melihat bagaimana sistim kerja yayasan, apa lagi Damkar untuk perlengkapan dan operasional ada dana yang dianggarkan dari APBD Tanjab Barat jadi tentunya tidak ada alasan lagi buat Damkar soal ini dan itu seperti kebakaran di BTN Selempang Merah baru-baru ini.

Saefuddin SH, Kakan Penanggulangan Bencana Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kamis (4/12) diruangannya mengatakan bahwa Damkar memang sudah biasa dihina dan di caci, kita tidak ambil pusing soal itu, biasalah yang penting atasan kita tahu bagaimana kerja kita dilapangan, dan soal Hydran kita selalu cek tiap satu bulan sekali. biar nanti tidak macet saat kebakaran. Contoh kebakaran diselempang merah baru –baru ini kita pihak Damkar selalu siaga dan sigap dalam penanggulangan.”Ujarnya.

Di tempat terpisah Gun yang merupakan Lsm Frak Provinsi Jambi mengatakan kepada media ini Saptu (6/12), seharusnya Damkar jangan hanya sekedar melihat dari sisi berapa titik tiap tahun hydran di anggarkan untuk di jadikan proyek pengadaan Hydrant, dan berapa dana operasional untuk perawatan dan pemeliharaan hydran tiap bulan harus dikelaurkan yang menggunakan Dana APBD Tanjab Barat.

Masih menurut Gun, coba Damkar buka mata lebar-lebar jika Pengadaan Hydran beserta perawatannya yang dianggarkan melalui APBD Tanjab Barat tidak bisa difungsikan tentunya akan sia-sia. Sementara masyarakat sangat berharap itu bisa digunakan untuk penanggulangan pertama jika terjadi musibah ke bakaran.

Apa lagi kondisi bangunan pemukiman penduduk rata-rata masih banyak yang terbuat dari bahan kayu dan berjejer rapat dan bahkan banyak yang bangunannya senyawa diantara beberapa bangunan rumah masyarakat di kota ini.

Masih menurut Gun, Masyarakat mengkeritik Damkar bukan tampa alasan, karena trauma mendalam pernah menghantui kota ini, coba ingat Pada Tahun 1995 dimana Komplek, Bngunan Pertokoan disepanjang Jalan Asia rata dengan tanah akibat kebakaran besar yang melanda kota kuala tungkal. (Andi)

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Maklumat Kapoldasu Jaga Kamtibmas Selama Ramadan, Petasan Dilarang, Jangan Digunakan, Bisa Dipidana

Sidimpuan, sidaknews.com – Untuk memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan 2017 dan idul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *