Home » Berita Foto » Saksi Partai NASDEM Protes Rekapitulasi penghitungan suara di KPU

Saksi Partai NASDEM Protes Rekapitulasi penghitungan suara di KPU

Purwakarta
Photo. Saksi Partai Nasdem Protes Rekapitulasi Penghitungan suara di KPU Purwakarta

Purwakarta,Sidaknews.com – Rakapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 di KPU Purwakarta diprotes Beberapa saksi Partai yang hadir saat penghitungan suara berdasarkan data C1 yang dimiliki oleh saksi maupun KPPS, PPS, PPK dan KPU Purwakarta Minggu (20/4).

Pasalnya para saksi dari Partai menuding adanya kecurangan terkait penghitungan suara yang dilakukan di tingkat TPS dibeberapa wilayah di Kabupaten Purwakarta, diantaranya adanya dugaan selisih suara di TPS hingga KPU, selain itu juga adanya Form C1 yang sulit didapatkan oleh saksi Partai yang sebagian besar juga bukan merupakan Form C1 yang memiliki Hologram.

Rakapitulasi suara yang dipimpin oleh Ketua KPU Purwakarta Deni Ahmad Haidar yang juga dihadiri oleh Ketua Panwaskab Purwakarta Didin Syaprudin, Kapolres Purwakarta AKBP Slamet Hariyadi, Dandim 0619 Letkol Aris Musa beserta saksi 12 Partai.

Diawali dengan rekapitulasi suara dari Kecamatan Campaka Purwakarta untuk DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, para saksi meminta agar permasalahan yang terkait pelaporan kepada Panwaskab agar dibuka terlebih dahulu sebelum melakukan Rekap suara yang telah dilakukan oleh PPK Campaka, karena ada beberapa TPS di Campaka diduga datanya tidak sesuai dengan data C1 saksi TPS dari Partai karena adanya kesalahan penulisan, salah satunya diminta oleh Saksi Partai NASDEM.

Purwakarta2Namun Ketua KPU dan Ketua Panwaskab menjelaskan kepada seluruh saksi Partai bahwa segala sesuatunya bentuk pelanggaran yang telah dilaporkan ada mekanisme yang harus dilakukan, bila ada gugatan maka MK juga dapat digunakan untuk melakukan gugatan.

“Mekanismenya ada dan semua telah tertuang didalam aturan, lebih baik kita rekap saja dulu suara dari setiap Kecamatan, belakangan bila ada protes dari saksi kami siap membuka C1 Plano TPS”ujar Deni yang diamini oleh Didin.

Namun akhirnya atas kesepakatan para saksi, KPUD dan Panwaskab maka kotak suara yang berisi C1 KPPS untuk Kecamatan Campaka TPS Campakasari dibuka untuk mencocok kan hasil dari TPS oleh KPPS dengan hasil C1 saksi namun setelah dibuka semua hasil pas untuk angkanya, hanya saja Partai NASDEM yang melakukan protes ternyata tak memiliki saksi di TPS tersebut.(Adi tarigan) 

Check Also

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menaiki becak motor menuju gedung

Sah! Kapolri Dianugerahkan Gelar Datok Perdana Satria Wangsa

Tanjungpinang, sidaknews.com –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi dianugerahi gelar kehormatan Datok Perdana Satria Wangsa …

One comment

  1. kecurigaan kecurangan yang dituding kepada pelaksana pemilu semuanya diakomodir secara terbuka dan saya menyaksikan langsung tidak ada yang terbukti selisih angka, kita dapat melihat dengan nyata siapa sebenarnya yang tidak profesional. KPU atau Parpol dengan saksinya sampai di TPS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>