Home » Berita Foto » SDN Karangsari 1 Siap Terapkan Kurikulum 2013

SDN Karangsari 1 Siap Terapkan Kurikulum 2013

Poto SDN Karangsari I
Poto SDN Karangsari I Kecamatan Purwasari Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karang Sari 1 Kecamatan Purwasari Karawang mengklaim siap menerapkan kurikulum baru 2013 (Kurtilas). Hal itu diungkapkan Kepala SDN 1 Karangsari Hasanudin di Desa Karangsari Kecamatan Purwasari Karawang.

Hasanudin mengatakan, sekolah yang ia pimpin ini memang awalnya sedikit kesulitan saat pertama mengaplikasikan kurikulum baru tersebut. Namun beruntung Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Karawang sebelumnya juga rutin menggelar diklat soal penerapan kurikulum 2013.

“Tidak ada masalah kalau memang mesti dijalankan, saya bersama guru sekolah telah mengikuti diklat,” katanya.

Hasan menyebutkan, secara implisit SD di Purwasari terutama di SDN Karangsari 1 sudah melaksanakan kurikulum 2013 tersebut.

Misalnya, lanjut dia, jika jam belajar pada tahun lalu hanya berkisar 28-30 jam per minggu, maka pada tahun ini jam belajar bertambah 30-42 jam per minggu. Kalau dulu guru agama hanya mengajar selama 2 jam per minggu, pada semester dua ditambah menjadi 4 jam.

Poto Bersama
Poto Bersama Siswa-siswi SDN I Purwasari Karawang Bersama Staf Pengajar dan Guru Kepala Sekolah.

Dengan penambahan jam belajar maka jadwal belajar akan bertambah, kalau biasanya siswa pulang pada pukul 12.20 WIB maka pada kurikulum 2013 mereka akan pulang pada pukul 13.20 WIB.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau juga disebut kurikulum 2006 menurutnya tidak jauh berbeda dengan Kurikulum 2013. Hanya pada Kurikulum 2013 proses penilaian dititikberatkan pada penilaian pribadi siswa yakni kehidupan sosialnya, tingkat intelektualnya dan hal lain menyangkut siswa.

Dengan sistim penilaian seperti itu maka Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sangat diperhitungkan misalnya pendidikan agama yakni menjalankan ajaran agamanya, aplikasi dalam kehidupan sosial berupa membantu orang susah.

“Artinya penanaman SKL itu lebih banyak sehingga guru lebih leluasa melakukan pengajaran kalau kemarin jumlah jam belajar pengembangan sedikit sehingga aplikasi tersebut tidak tercapai maka untuk mencapai target pelajaran pada KTSP beberapa guru ngebut memberi materi,” ujarnya.

Ketua PGRI Cabang Purwasari ini mengatakan, sekolahnya sudah menerapkan kurikulum 2013. Menurut dia, kurikulum 2013 menuntut pengembangan diri murid dalam menganalisa sesuatu hal dalam pelajaran.

“Misalnya kita belajar pertumbuhan dan diberi gambar manusia, siswa dituntut memberikan penjelasan secara lengkap tentang bagaimana proses pertumbuhan tersebut,” katanya Jumat, 24 Januari.

Sekedar diketahui, siswa SDN Karangsari 1 ini tercatat ada sebanyak 285 siswa, sedangkan guru berjumlah 14 orang dan semuanya siap dalam mengajar dengan kompetisi masing-masing guru tersebut.(ega)

 

Check Also

spanduk bakti sosial donor darah gabungan di aula lurah kijang.

UN Swissindo Gelar Bakti Sosial Donor Darah Gabungan di Kijang

Bintan, sidaknews. com – Dalam rangka Bulan Bakti Sosial, UN Swissindo bekerjasama dengan PMI Kepri …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>