Senin , 27 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Sebagian anggota dewan kembalikan uang ke Jaksa

Sebagian anggota dewan kembalikan uang ke Jaksa

-Terkait SPPD Fiktip DPRD Belitung.

Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bangka Belitung Rindang Onasis
Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bangka Belitung Rindang Onasis.

BELITUNG,Sidaknews.com – Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bangka Belitung Rindang Onasis mengatakan, perkara dugaan Surat Perintah Perjalanan Dinas(SPPD) DPRD Belitung tahun 2012, masih dalam tahap penyelidikan.

Setelah rampungnya pemeriksaan 25 anggota DPRD Belitung,pihak penyidik masih melengkapi berkas penyidikan. Bahkan kata Rindang, sudah ada 11 anggota DPRD Belitung yang mengembalikan uang SPPD yang saat inimencapai Rp225.800.400.

“Ada kewenangan penyidik mengupayakan pengembalian uang yang terindikasi diambil secara tidak sah. Dan sampai sekarang sudah ada 11orang yang mengembalikan, dan lainnya terserah mereka mau apa tidak mengembalikan uang yang sekarang masuk tahap penyidikan, kita pun tidak bisa memaksa,” kata Rindang, Senin (20/10/2014) siang kemarin.

Ditanya apa betul kasusnya sudah diambil Kejati Babel atas perintah Kejagung?. Kata Rindang, saat ini perkara kasusnya masih ditangani Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan. Terkait adanya keterlibatan penyidik dari Kejati Bangka Belitung pada saat pemeriksaan lanjutan tersangka Kristianto, itu merupakan hal yang lumrah.

“Bukan diambil kejati Babel. kalau ada penyidik dari kami (kejati-red), tetap perkaranya masih ditangani Kejari Tanjung Pandan.Karena tugas penyidik (Jaksa-red) tidak terikat wilayah,bisa dilakukan siapa saja, termasuk Kejagung,” tukasnya.

Sekedar diketahui, akhir Agustus 2014 silam, Lauren Gabriel Harianja Law Firm dan Galih Pamungkas mensomasi Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan Belitung. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan, minta dicabutnya status tersangka kliennya yang sudah ditetapkan menjadi tersangka 15 Januari2014 lalu.

Alasannya, PH keberatan kliennya sudah ditetapkan sebagai tersangka,padahal pada waktu itu pengguna anggran (dewan-red) belum ada satupun yang diperiksa sebagai saksi.

Karena tak digubrisnya laporan tersebut, Lauren dan Galih selaku pengacara tersangka Kristianto sudah melaporkan kasus ini ke pihak Kejagung, sekaligus telah melaporkan anggota DPRD Belitung ke Mabes Polri,karena dalam perjalanannya para anggota dewan melakukan penyelewengan anggaran menggunakan dokumen palsu. (ANS)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Jhoni Walker Manik, MM tengah menyematkan tanda peserta pada pembukaan LT III Kwarcab Sergai Tahun 2017 yang berlokasi di Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Sabtu, (25/3).

Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Sergai Tahun 2017

-Pramuka Harus Miliki Prinsip Dasar Kemampuan dan Kepemimpinan Sergai, sidaknews.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>