Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Sebanyak 285 Pelajar Tebingtinggi Terima Akta Kelahiran Gratis

Sebanyak 285 Pelajar Tebingtinggi Terima Akta Kelahiran Gratis

Keterangan gambar : SERAHKAN “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Dimiyahti S.Sos MTP menyerahkan Akta Kelahiran gratis secara simbolis kepada lima orang siswa dari perwakilan SD se Kota Tebingtinggi”.
Keterangan gambar :
SERAHKAN “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Dimiyahti S.Sos MTP menyerahkan Akta Kelahiran gratis secara simbolis kepada lima orang siswa dari perwakilan SD se Kota Tebingtinggi”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Sebanyak 285 pelajar Siswa Dasar (SD) se Kota Tebingtinggi menerima Akta Kelahiran gratis dari Pemeritah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil setempat yang diserahkan langsung Walikota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Kadis Dukcapil M Dimiyathi S.Sos MTP, Selasa (2/12) di gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Muhammad Dimiyathi menyampaikan bahwa pemberian Akta Kelahiran gratis kepada pelajar SD se Kota Tebingtinggi itu untuk mempercepat pemenuhan hak-hak keperdataan anak.

“Pelayanan pendaftaran Akta Kelahiran gratis kepada pelajar SD ini dilakukan melalui pelayanan keliling petugas ke seluruh SD se Kota Tebingtinggi yang dilaksanakan 24 Februari hingga 9 April 2014.

Sedangkan jumlah Akta Kelahiran yang digratiskan 285 orang yang berasal dari 63 sekolah dari 123 SD yang ada di kota Tebingtinggi”, paparnya.

Walikota Tebingtinggi dihadapan ratusan pelajar yang menerima akta keahiran gratis menjelaskan, akta kelahiran merupakan catatan otentik yang dibuat oleh pejabat catatan sipil berupa catatan resmi tentang tempat dan waktu kelahiran anak, nama anak dan nama orang tua anak secara lengkap dan jelas, serta status kewarganegaraan anak.

Pada awalnya, lanjut Walikota, akta kelahiran hanyalah sebuah catatan administratif. Akan tetapi pada saat ini dan kedepan, akta kelahiran menjadi sangat penting, karena data yang ada dalam akta kelahiran dapat digunakan sebagai bukti jati diri bagi si anak yang telah memiliki hak keperdataan, meliputi hak waris, kelanjutan pendidikan, klaim asuransi dan pengurusan hal-hal administratif lainnya seperti tunjangan keluarga, paspor, KTP, SIM, Pengurusan Perkawinan, Perijinan dan mengurus beasiswa.

“Dengan diterbitkanya akta kelahiran bagi seorang anak, berarti anak tersebut telah terdata dan dicatat keberadaannya oleh negara”, terang Umar Zunaidi sembari mengucapkan terima kasih kepada para guru yang turut mendampingi siswa-siswinya untuk menerima akta kelahiran gratis yang diberikan oleh Pemerintah kota Tebingtinggi. (Hans)

Check Also

Makjang…!!!, Gegara Dibakar Api Cemburu, Seorang Perempuan Dianiaya di Dalam Kios

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Seorang Wanita berinisial SB alias I (22) warga Pijorkoling kecamatan psp tenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *