Home » Berita Foto » Sebanyak 303 personil Polisi Siap Amankan Pilpres

Sebanyak 303 personil Polisi Siap Amankan Pilpres

– AKBP Surisman Pimpin Apel Gelar Pasukan.

Kapolres Tanjungpinang
AKBP Surisman,SIK.MH (Plh) Kapolres Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Sebanyak 303 personil anggota kepolisian Tanjungpinang dibantu anggta TNI lainnya, telah siap mengamankan Pemilu Presiden (Pilpres) pada, Rabu 9 Juli 2014 besok.

Kesiapan personil tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin AKBP Surisman SIK MH selaku pelaksana harian (Plh) Kapolres Tanjungpinang di halaman Mapolres Tanjungpinang. Senin (7/7).

Selain ratusan anggota polisi, upacara juga dihadiri sejumlah unsur anggota TNI, Satpol PP lengkap dengan petugas pemadan kebakaran. Seluruh itu nantinya akan disebarkan kesejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk dibeberapa titik pengamanan lain yang dianggap pentiing lainnya di deaerah ini.

“Seluruhnya akan disiagakan di 308 TPS dan wilayah lainnya. Setiap TPS diamankan sesuai dengan tingkat kerawanan,” kata Surisman

Ditegaskan, anggota Polri wajib menjaga netralitas dalam Pilpres 9 Juli mendatang. Apabila anggota Polri melakukan pelanggaran atau bersikap tidak netral dalam Pemilu, maka akan dikenakan sanksi disiplin sesuai aturan yang berlaku.

“Hal ini bukan semata-mata perintah pimpinan, namun harus dilaksanakan sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,”ungkapnya.

Diterangkan, dalam Pasal 28 ayat (1) UU tersebut, Polri dilarang melibatkan diri dalam kehidupan politik praktis di tanah air. Anggota Polri juga tidak dibenarkan menggunakan hak memilih dan dipilih.

“UU ini juga diperkuat dengan PP Nomor 2 tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri, Pasal 5 (b), melakukan kegiatan politik praktis. Kemudian diperjelas lagi dengan Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Republik Indonesia Pasal 12,” katanya.

Lebih lanjut. Surisman meminta kepada segenap lapisan masyarakat di daerah ini untuk ikut secara bersama-sama menjaga keamanan demi menyukseskan pelaksanaan Pilres di wilayah ini.

“Kita minta masyarakat juga jangan segan-segan memberikan informasi dan laporan kepada kita, bila mendapati adanya aksi oleh seseorang atau kelompok yang dapat mengacaukan pelaksanaan Pemilu Pilpres tahun ini. Hal tersebut pasti langsung kita tindak secara tegas,”ucapnya.(SN)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>