Home » Berita Foto » Sebanyak 65 Pasangan Terima Surat Nikah Gratis

Sebanyak 65 Pasangan Terima Surat Nikah Gratis

Keterangan gambar : ISBAT NIKAH “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, Kapolres AKBP Enggar Pareanom, Kajari Fajar Rudy Manurung, Wakil Ketua DPRD Muhammad Hazly Hasibuan dan Kabag Kesra H Syahbana Hasibuan berfoto bersama para pasangan isbat nikah gratis”.
Keterangan gambar :
ISBAT NIKAH “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, Kapolres AKBP Enggar Pareanom, Kajari Fajar Rudy Manurung, Wakil Ketua DPRD Muhammad Hazly Hasibuan dan Kabag Kesra H Syahbana Hasibuan berfoto bersama para pasangan isbat nikah gratis”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Pemerintah Kota Tebingtinggi bekerjasama dengan Pengadilan Agama serta Kementerian Agama melaksanakan ‘isbat nikah’ kepada 65 pasangan yang belum memiliki surat nikah, ditandai dengan tepung tawar dan pemberian surat nikah gratis, Selasa lalu (23/12) di Anjungan Sri Mersing Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi.

Tampak hadir Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, Sekdako Johan Samose Harahap, Kajari Fajar Rudy Manurung, Kapolres AKBP Enggar Pareanom, Kakan Kemenag Drs M Hasbi, Ketua Pengadilan Agama H Bisman SH, Wakil Ketua DPRD Muhammad Hazly Hasibuan, Denpom Lettu CPM Zulkifli, Danramil 13 Kaften Salehan, Kabag Kesra Syahbana Hasibuan dan para ormas Islam.

Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, isbat nikah ini untuk memberikan kepastian hukum kepada anak dan status perkawinan, sebab dalam pengurusan akte kelahiran harus memerlukan syarat surat nikah kedua orangtua.

“Pemko Tebingtinggi tahun ini menganggarkan 100 orang, tetapi yang mendaftar hanya 65 orang pasangan, diharapkan kepada Camat serta Lurah untuk mendata kembali warganya yang belum memiliki surat nikah resmi”, imbuh walikota.

“Pemerintah Tebingtinggi memilih isbat nikah supaya anak-anak memiliki status sah secara hukum. Sebab masih banyak warga yang sudah menikah tetapi tidak memiliki surat resmi, kedepan, ini harus didata,” pungkas Umar.

Kepada yang sudah menerima surat nikah, Umar berharap agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah. “Orangtua harus membimbing anak-anaknya untuk menjadi anak yang soleh dan memiliki masa depan jelas,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kabag Adm Kesra, Syahbana Hasibuan memaparkan, isbat nikah dilaksanakan bagi keluarga pasangan tidak mampu, tahun 2014 ini kita menganggarkan sebanyak 100 pasangan tetapi yang mendaftar hanya 65 pasangan, dari itu yang dikabulkan oleh pihak Pengadilan Agama Kota Tebingtinggi yang perkaranya dikabulkan sebanyak 29 pasangan dan 36 lainnya masih menunggu kepastian hukum lebih lanjut.

Salah satu pasangan termuda isbat nikah, Ismail Lubis (23) dan Dita (20) warga Jalan Nenas Kota Tebingtinggi mengaku sudah menikah dua tahun ini dan memiliki satu orang putra, mereka mengaku terpaksa harus menikah siri karena tidak ada persetujuan dari kedua orang tua, bukan itu saja, untuk menikah membutuhkan biaya besar, sedangkan Ismail hanya sebagai buruh kasar yang berpenghasilan tidak menentu.

“Kami memutuskan untuk ikut isbat nikah secara gratis, karena tidak punya uang,” jelasnya. Ismail juga sangat berterima kasih kepada Pemko Tebingtinggi telah melaksanakan isbat nikah gratis, sebab dengan ini, warga miskin yang belum memiliki surat nikah secara hukum dapat terbantu. (Hans)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>