Home » Berita Foto » Sekda Buka Lomba Seni Qasidah, Rebana, Marawis Disejalankan Musda DPD Lasqi Kota Tanjungpinang 2014

Sekda Buka Lomba Seni Qasidah, Rebana, Marawis Disejalankan Musda DPD Lasqi Kota Tanjungpinang 2014

123
Sekda Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si Membuka Acara.

Tanjungpinang, Sidaknews.com – Perkembangan seni dan qasidah dewasa ini sangat pesat. Untuk itu dalam rangka meningkatkan perkembangannya sehingga berdaya guna sekaligus layak untuk ditampilkan sebagai kesenian islami, Lembaga Seni Qasida (Lasqi) Tanjunpinang menggelar lomba seni qasidah, rebana dan marawis yang disejalankan dengan MUSDA DPD Lasqi Kota Tanjungpinang tahun 2014.

Bertempat di gedung Aisyah Sulaiman, sabtu (29/11) dan dibuka Oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Bapak Drs. Riono, M. Si, acara tersebut diikuti oleh 16 grup rebana tingkat ibu ibu majelis taklim dan 10 grup marawis tingkat pelajar SLTP.

Dalam sambutannya Riono mengatakan bahwa seni budaya islam memiliki arti yang strategis dalam pembinaan umat islam, dan perkembangan kedepannya diharapkan tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran islam.

Sehingga bisa dijadikan sebagai media dakwah untuk membangun etika dan moral sekaligus sebagai sarana untuk membendung kemrosotan ahklak umat. Melalui lantunan syair dan lagu religious yang edukatif dan memiliki pesan moral secara persuasif dapat memotivasi remaja sekaligus dapat membendung limbah infomasi yang merusak moral mereka.

12
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Foto Bersama.

Lomba ini sangat penting artinya dalam rangka memacu laju pembangunan Kota Tanjungpinang yang merupakan kota religi budaya melayu yang identik dengan islam. Sehingga pemerintah sangat mendukung kegiatan ini.

Riono berharap Lasqi sebagai wadah bagi seniman islam diharapkan dapat terus mengembangkan kesenian ini. Dan melalui Musda Lasqi dapat terpilih pengurus-pengurus baru yang dapat membawa Lasqi Kota Tanjungpinang menjadi lebih baik lagi, serta dapat bersenergi dengan pemerintah kota Tanjungpinang.

Hj. Rita Maryani selaku ketua DPD Lasqi kota Tanjungpinang dalam sambutannya mengatakan bahwa sampai dengan saat ini telah membina hampir 100 grup rebana. Dalam perjalanannya Lasqi telah menjadi mitra pemko Tanjungpinang.

Selalu membantu pada pelaksanaan event-event bertema islami yang diadakan baik tingkat kota maupun tingkat provinsi. Sejak dilaksanakannya MTQ Provinsi, grup rebana kota Tanjungpinang selalu menjadi yang terbaik di tingkat provinsi. Selain itu Lasqi Tanjungpinang juga mengikuti event Lasqi tingkat nasional, yang terakhir kali diadakan di Palu. (Mela/Erva)

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>