Home » Berita Foto » Selama 6 Bulan, Bapas Tanjungpinang Dampingi 98ABH

Selama 6 Bulan, Bapas Tanjungpinang Dampingi 98ABH

Selama 6 Bulan, Bapas Tanjungpinang Dampingi 98AB
Agus Setiawan, S. Sos, Kasubsi Bimbingan Klien Anak, Bapas Kelas II Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Sidakmews.com – Selama enam bulan di Tahun 2014, Badan Pemasyarakat (Bapas) Kelas II Tanjungpinang telah mendampingi 98 perkara Anak Bermasalah Hukum (ABH) hingga saat ini.

“Terhitung dari awal Januari hingga Juni 2014, kita mendampingi 98 perkara ABH se-Provinsi Kepri,” ujar Kasubsi Bimbingan Klien Anak, Bapas Kelas II Tanjungpinang, Agus Setiawan, S. Sos, Kamis (25/6) kepada www.Sidaknews.com.

Ia mengatakan, dalam kasus ABH itu juga, perkara yang paling menonjol adalah kasus tindak pidana pencurian, yakni sekitar 90 persen.

“Kasus pencurian itu juga, paling meningkat terjadi di Kota Batam. Sementara, untuk di kabupaten/ kota lainnya minim,” papar Agus.

Bahkan, kata dia, kasus ABH di Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Karimun, Anambas, Natuna, dan Kabupaten Lingga mengalami penurunan pada tahun 2014 ini.

Selain itu, lanjut Agus, untuk daerah masing-masing kabuputan/kota lainnya, seperti Tanjung Balai Karimun, Lingga, Anambas, dan Natuna, pendampingan dilakukan oleh pihak Rutan dan Lapas di yang ada disana.

“Jadi, untuk kasus anak di daerah tersebut, kita minta PK-nya dari Rutan disana yang mendampingi,” ucap Agus.

Sementara, kata dia, untuk kasus pencabulan anak di bawah umur pada tahun 2014 menurun jika dibanding dengan tahun lalu.

“Tapi saya tak ingat berapa jumlahnya. Seingat saya, jumlahnya masih dibawah 10 kasus, dan yang meningkat adalah ABH pencurian dan kekerasan saja,” katanya.

Bapas ini, juga membimbing klien pemasarakatan, seperti klien pembesan bersyarat itu mereka diawasi Bapas, untuk dibimbing. 2 pertiga mereka mendapatkan. Bapas ini juga, melakukan pembimbingan bersyarat baik dari rutan maupun Lapas. (Ik)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>