Home » Berita Foto » Selamatkan Hutan Magrove Anambas Dari Tangan-Tangan Jahil

Selamatkan Hutan Magrove Anambas Dari Tangan-Tangan Jahil

Hutan Bakau (magrove) di kabupaten Anambas hancur dibuat manusia
Hutan Bakau (magrove) di kabupaten Anambas hancur dibuat oleh Tangan-tangan Jahil.

Anambas,Sidaknews.com – Desa Temburun Kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Anambas (KKA) merupakan kepulauan yang memiliki hutan mangrove yang sangat bagus dan subur, permasalahan perambahan hutan bakau kerap kali terjadi dimana-mana, dalam hal ini, marilah kita lestarikan dan kita jaga bersama-sama.

Sehingga apa yang sudah diberikan Alloh kepada kita harus turut menjaga, memelihara dan melestarikannya. Disegelintir orang kerap merusak hutan bakau demi mendapatkan keuntungan pribadi dan memperkaya orang lain, ingat hutan bakau itu adalah titipan tuhan, sehingga jangan dirusak lagi menurut masyarakat yang pencinta alamnya maupun diri sendiri ungkap warga KKA.(3/8).

Agar lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan dan tidak merugikan daerah atau masyarakat Desa tersebut ingat masyrakat itu buta hukum jangan sampai kami selaku masyarakat tidak diindahkan juga kami selaku masyarakat Cuma berharap kepada rekan media yang sanggup turun kelokasi tersebut sangat berterima kasih.

Lanjut nya jelas berdasarkan UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan telah mengingatkan bahwa pengelolaan dan pelestarian Hutan sebagai salah satu bagian terpenting dari lingkungan adalah mutlak dan wajib dilakukan. Pasal 1 ayat 8-9 UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.

Dalam pasal delapan(8) mengatakan. Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah dan sebagainya, sementara pada pasal 9 Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, Yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

kita bicara tentang salah satu ekosistem hutan yang mempunyai fungsi sebagai hutan lindung dan hutan konservasi yang telah banyak disalahgunakan demi kepentingan ekonomi : Hutan Mangrove.

Jelas hutan bakau yang ada di Desa tersebut sangat sulit untuk dibesarkan nah eronisnya Pemkap Cuma diam seolah-olah tidak ambil tahu tentang kejadian itu. Kami selaku masyarakat berharap kepada pihak yang berwajip sesesgera mungkin ambil tindakan sesuai denga Amanah yang telah tetera dalam UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan maupun tentang Mangrove khusus tegasnya.(Rohadi)

Check Also

Nurdin Basirun Saat Ratas dengan petinggi PT. BRC.

Gubernur: Investasi Untuk Kepentingan Masyarakat Dan Memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal Kepri

Tanjungpinang, sidaknews.com – H. Nurdin Basirun, Gubernur Kepri saat melakukan rapat terbatas (ratas) dengan para petinggi PT. Bintan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>