Home » Berita Foto » Selundupkan imigran ke Australia, WN Sri Lanka di Medan dibekuk

Selundupkan imigran ke Australia, WN Sri Lanka di Medan dibekuk

imigran gelap. ©REUTERS
imigran gelap. ©REUTERS

Medan – Pria asal Sri Lanka, Siwal Nayem (35), ditangkap polisi dari rumahnya di Jalan Masjid Gang Kuman Titi Papan, Medan Labuhan. Dia diringkus karena disangka menyelundupkan imigran gelap ke Australia melalui Sibolga, Sumut.

Informasi dihimpun, Siwal ditangkap tim Satuan Tugas Pusat People Smugling Mabes Polri yang dipimpin Kompol Brahma. Untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut, mereka menyerahkan Siwal kepada Satgasda People Smugling Polda Sumut.

Penangkapan Siwal diketahui sebagai hasil dari koordinasi antara Satuan Tugas Pusat People Smugling Mabes Polri dengan pihak Australia. Dari kerja sama itu, keberadaan pria yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Mabes Polri itu pun terdeteksi, yaitu di Medan.

Sepekan melakukan penyelidikan di kota ini, tim berhasil menyergap Siwal saat duduk santai di kediamannya pada Kamis (2/9) sore. “Saat ini kami masih memeriksa tersangka untuk melakukan pengembangan,” kata Kasubdit IV/Renakta/ Satgasda People Smugling Polda Sumut AKBP Juliana Situmorang, Sabtu (3/10).

Dia memaparkan, Siwal disinyalir biasa menampung imigran gelap yang masuk ke Indonesia via Tanjung Balai, Sumut. “Selanjutnya, dia memberangkatkan imigran gelap itu ke Australia, via Sibolga, ” ungkapnya.

Sementara itu, tersangka mengaku sudah 5 tahun berada di Indonesia. Dalam periode itu, dia itu mengaku tidak bekerja dan hanya menggantungkan hidup dari wanita yang dinikahinya sejak 5 tahun silam.

Siwal juga mengaku sudah tidak lagi menyelundupkan manusia. “Terakhir sekitar 3 tahun lalu. Aku berangkatkan mereka (imigran) dari Sibolga. Tapi waktu itu aku juga kerja sama orang. Aku dapat Rp 1 juta setiap memberangkatkan seorang imigran,” tuturnya.

(sumber:merdeka.com)

Check Also

Nasaruddin menyerahkan Buku Nikah pengantin baru.

Nasaruddin Didaulat Beri Khutbah Nikah Sepasang Pengantin Baru

Takengon, sidaknews.com – Betapa bahagianya sepasang pengantin baru bila prosesi ritual nikahnya dihadiri oleh tokoh …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>