Minggu , 26 Maret 2017
Home » Kepri » Semua Hasil Tes Urine Pegawai Pemkab Karimun Dinilai Negatif

Semua Hasil Tes Urine Pegawai Pemkab Karimun Dinilai Negatif

KARIMUN (HK) – Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Karimun, Aunur Rafiq mengaku hasil tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri dan diikuti 150 orang pegawai di lingkungan Pemkab Karimun, semuanya dinyatakan negatif dan tidak ada terindikasi mengkonsumsi narkoba.
“Semuanya dinilai negatif,artinya tidak ada yang menggunakan narkoba,” kata  Rafiq, Selasa (10/9).

Menurut Rafiq, secara bertahap Bupati Karimun,Nurdin Basirun juga sudah mengusulkan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menganggarkan pada 2014 secara berkala, sehingga Pemkab Karimun akan melakukan tes urine untuk para pegawai secara keseluruhan. Tentunya hal tersebut harus melalui penganggaran terlebih dahulu yang diajukan di APBD 2014 mendatang.

Apakah ada warning kepada PNS? Rafiq mengaku akan dikembalikan kepada peraturan pemerintah (PP) yang mengatur hal tersebut.

Disinggung bahwa jika dilihat wajah PNS yang ikut sebagian besar memang tidak ada masalah,artinya tes urine tersebut adalah wajah-wajah yang masih aman. Ditanggapi Rafiq bahwa karena tes urine itu dimintai sampel maka seperti itu lah hasilnya dan kedepan akan dilakukan sistim acak

Tes urine tersebut kata Rafiq, dapat diartikan sebagai salah satu shok terapi bahwa sudah dilakukan dari tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

Sebelumnya, sebanyak 150 pegawai di lingkungan Pemkab Karimun mengikuti tes urine yang dilaksanakan  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri, di Gedung Serbaguna Kantor Bupati, Senin (9/9). Jumlah tersebut merupakan sampel dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karimun yang diutus sebanyak lima orang atau lebih dengan sistim acak.

Bupati Karimun,  Nurdin Basirun menyambut baik kegiatan tes urine terhadap pegawai tersebut. Dia mengaku harus ada jaminan bahwa para pegawai di lingkungan Pemkab Karimun tidak ada lagi yang terlibat atau menggunakan narkoba.

“Apalagi sebagai pengedar,itu yang harus kita putus mata rantainya dan kalau boleh sama-sama kita memberantas dalam memerangi narkoba,” kata Nurdin.

Tak Jabat Kepala BNK

Dalam kesempatan itu Rafiq juga menjelaskan bahwa Badan Narkotika Kabupaten (BNK) dalam waktu dekat ini sudah menjadi suatu institusi tersendiri,yang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat di daerah.

“Pada 16 September ini akan dilakukan pelantikan Kepala BNK di Jakarta dan yang menjabat nantinya adalah kalau tidak salah insya Allah AKBP TA Rahman,” ucap pria yang juga sebagai Wakil Bupati Karimun ini.

Itu artinya kata Rafiq, secara eks ofisio Wakil Bupati yang selama ini diketahui menjabat sebagai Ketua BNK, tetapi untuk beberapa hari lagi sudah akan ditunjuk ketua BNK secara struktur dan setara dengan pejabat eselon II dari Kepolisian.

Saat ini menurut Rafiq, SK untuk Kepala BNK sudah keluar.Tanggal menunggu prosesi pelantikan. Selanjutnya, kebijakan daerah akan mensuport terutuama personil struktur akan diisi oleh Pemda Karimun. “Karena yang diisi itu adalah pada umumnya dari eselon IV. Dan nanti dalam pembiayaan operasional juga akan ditunjang dari APBD Kabupaten Karimun yang kita berikan anggaran. BNK juga termasuk kedalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karimun, walau pun mereka adalah perpanjangan tangan dari pusat yang berada di daerah,” pungkasnya.sumber.HK

Check Also

Foto: nat

Iyus Suryana Jabat Panitera PN Tanjungpinang

Tanjungpinang, sidaknews.com – Iyus Suryana SH MH resmi menjabat Panitera Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>