Home » Berita Foto » Setahun, Kejati Riau klaim selamatkan uang negara Rp 88 miliar

Setahun, Kejati Riau klaim selamatkan uang negara Rp 88 miliar

setahun-kejati-riau-klaim-selamatkan-uang-negara-rp-88-miliar2Sidaknews.com- Dari pertengahan tahun 2012 sampai pertengahan 2013 ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau mengaku telah menyelamatkan uang negara sebanyak Rp 88 miliar dari berbagai kasus korupsi yang ditanganinya. Kasus korupsi ini tersebar di beberapa Kejaksaan Negeri (Kejari) di Riau.

Hal itu disampaikan Kepala Kejati (Kajati) Riau Eddy Rakamto melalui Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Riau Amril Rigo di kantornya, Senin (22/7). “Totalnya Rp 88 miliar lebih yang diselamatkan. Kasus korupsi ini ada yang ditangani Kejati dan ada pula yang ditangani Kejari di Riau,” jelas Amril.

Total kerugian yang diselamatkan, diperoleh dari belasan kasus yang ditangani. Penyelamatan keuangan negara ini dilakukan setelah perkara korupsi mendapat vonis di pengadilan. “Jadi, kerugian negara pada kasus korupsi belum bisa dikatakan selamat jika kasusnya belum divonis,” ungkap Amril.

Dari total itu, dugaan korupsi Bank Riau Kepri yang menjerat mantan direkturnya, Zulkifli Thalib, merupakan kasus yang paling besar merugikan negara. Total kerugian dalam kasus ini adalah Rp 35,2 miliar lebih.

“Sedangkan untuk kasus korupsi lainnya di daerah, belum bisa ditotal karena jumlahnya beragam. Yang jelas kerugian negara yang berhasil diselamatkan di tahun ini adalah Rp 88 miliar,” sebut Amril.

Sebelumnya, Eddy Rakamto yang didampingi Amril Rigo menjelaskan bahwa Januari sampai Juli 2013 ini, Kejati dan Kejari di Riau tengah melakukan penyelidikan 20 kasus korupsi dan 25 penyidikan.

“Untuk Kejati Riau, ada menangani 6 kasus korupsi dalam penyidikan. Dua di antaranya sudah proses penuntutan. Sehingga totalnya tinggal 4. Sedangkan sisanya dari 25 penyidikan, ditangani di sejumlah Kejari di Riau,” sebut Eddy.Sumber Merdeka.com

Check Also

Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM tengah menerima hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/1). 

Tingkatkan Pelayanan Publik, Sergai Targetkan Zona Hijau Tahun 2017

Sergai, sidaknews.com – Dewasa ini pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>