Home » Berita Foto » Sidang Kasus Korupsi “Hermansyah” Kegiatan Diklat PNS

Sidang Kasus Korupsi “Hermansyah” Kegiatan Diklat PNS

Sidang Kasus Korupsi Kegiatan Diklat PNS
Hermansyah, Terdakwa Kasus Korupsi.

Lingga, Sidaknews.com – Hermansyah, terdakwa korupsi ini ketakutan menyebut nama Sekretaris Daerah Lingga Usman Taufik. Ia mengaku meminta solusi kepada Sekda cara mengatasi laporan keuangan dalam kegiatan diklat PNS tanpa uang APBD 2008.

“Acara diklat sudah digelar dengan menggunakan dana pihak ketiga. Akibatnya, dana anggaran APBD tidak terpakai,” ucap Hermansyah saat diperiksa majelis hakim, Selasa (10/6).

Hal ini dilaporkannya kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Lingga Syamsudi. Waktu itu, Syamudi mengajak Hermansyah menghadap Sekda Lingga. Kejadian itu diceritakan.

Acara diklat menggunakan dana pihak ketiga. Dengan kata lain, dana yang sudah dianggarkan tidak terpakai sehingga dianggap di laporan akhir tahunan.

“Untuk mengatasinya, saya mengusulkan agar anggaran tahun 2009 digunakan untuk membayar utang ke pihak ketiga. Pak Sekda menyetujui usulan saya itu,” ungkapnya.

Beberapa selanjutnya, Hermansyah dipindahkan menjadi Sekretaris Kecamantan Lingga. Kemudian ia dipindahkan lagi ke Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Saat di sana, saya mendapat panggilan dari pihak kejaksaan. Saya menghubungi Pak Syamsudi. Katanya, jawab saja apa yang mesti dijawab,” terang Hermansyah.

Untuk diketahui, Hermansyah menjabat sebagai Kepala Bidang Badan Kepegawaian dan Diklat di Badan Kepegawaian dan Diklat
Kabupaten Lingga pada 2009. Ia ditunjuk sebagai PPTK dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan oleh Bupati Daria. Dalam pelaksanaannya, dana kegiatan tidak terserap sekitar Rp 300.334.348. Ternyata, dana tersebut tidak disetorkan oleh terdakwa kepada bendahara pengeluaran hingga 31 Desember 2009.

Hermansyah juga tidak melaporkan hal tersebut kepada Pengguna Anggaran Syamsudi. Uang itu untuk menutupi uang yang harus dipertanggungjawabkan pada kegiatan tahun 2008 sekitar Rp 360 juta. Rupanya, masih ada sisa uang yang tidak dikembalikan Hermansyah sekitar Rp 286.334.348. (Surya)

Check Also

Abdullah Puteh ketika menyampaikan orasi politiknya dihadapkan masyarakat Asam Peutek.

Abdullah Puteh: Jangan Takut Dengan Intimidasi

Langsa, sidaknews.com – Menjelang pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Walikota/wakil Walikota pada 15 Februari nantinya, diminta …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>