Home » Berita Foto » Sidang Perdana: Deddy Chandra Sebutkan Beberapa Pejabat Pemko

Sidang Perdana: Deddy Chandra Sebutkan Beberapa Pejabat Pemko

Sidang Perdana: Deddy Chandra Sebutkan Beberapa Pejabat Pemko Tanjungpinang.
Sidang Perdana: Deddy Chandra Sebutkan Beberapa Pejabat Pemko Tanjungpinang.

Tanjungpinang,sidaknews.com – Sidang perdana dugaan korupsi proyek pengadaan lahan untuk unit sekolah baru (USB) di Tanjungpinang APBD Tahun 2009 senilai Rp2,9 miliar digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang, Senin (1/9) dengan terdakwa Deddy Chandra.

Sidang dipimpin majelis hakim Parulian Lumbantoruan didampingi R Aji Suryo dan Pathan Riadi kali ini guna mendengarkan dakwaan yang dibacakan secara bergantian oleh tiga Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Maruhum SH, Eckhart Palapia SH dan Efan Apturedi SH. Sementara Deddy Candra didampingi dua Penasehat Hukumnya (PH) Jefri Simanjuntak SH dan Raja Azman SH.

Dalam dakwaan JPU tersebut juga menyebutkan sejumlah nama pejabat Pemko Tanjungpinang yang diduga terlibat dalam pelaksanaan pembebasan lahan untuk pelaksanaan pembangunan bagi kepentingan umum serta Pemko Tanjungpinang tahun 2009 silam.

Menurut JPU, berdasarkan keputusan Walikota Tanjungpinang Nomor 38 tahun 2009 tanggal 7 Januari 2009, telah dibentuk panitia tentang pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan kegiatan tersebut, dan terdaka Deddy Chandra bersama Gustian Bayu (diajukan dalam berkas terpisah) sebagai Sekretaris penilai harga tanah bagi pelaksnaan pembangunan untuk kepentingan umum pemko Tanjungpinang dan sebagai anggota panitia pengadaan lahan tersebut.

Terdakwa juga beserta Syafrizal (diajukan dalam perkara terpisah) sebagai anggota penilai pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan tersebut bersama Yusrizal (diajukan dalam dakwaan terpisah) dan Wan Sayamsi, Drs Surya Dianus, Drs H Syahrial Evi serta Wan Martalena pada 5 Oktober 2009 hingga 12 Oktober 2009 bertempat diruangan rapat kantor Waliko Tanjungpinang di jalan raya Senggarang Tanjungpinang.

Dengan secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara, mereka yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut melakukan perbuatan yang dilakukan terdakwa dengan cara sebagai berikut.

JPU mengatakan, bahwa Pemko Tanjungpinang tahun 2009 dalam dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPA SKPD) menganggarkan pembebasan lahan atau ganti rugi tanah untuk pembangunan pekotaan Tanjungpinang sebesar Rp5.172.640.000 pada 2 Fenruari 2008 yang diajukan kepada Walikota Tanjungpinang C/q bagian pemerintahan sekdako Tanjungpinang melakukan permintaan pengadaan lahan sarana pendidikan SD dan SMP seluas 1 hingga 2 hektar di Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Pada Janurai 2009 terdakwa Deddy Chandra bersama saksi Suryatati A Mana, saksi Wan Syamsi, Ahadi dan beberapa orang staf terkait lainnya turun kelapangan melihat secara langsung lokasi tanah yang akan diganti rugi jalan Srikaton Kampung Bangun Saru yang nantinya diperuntukan pembangunan sarana pendidikan SD dan SMP.

Setelah melihat lokasi tanhan yang akan diganti rugi dan dibangun nantinya, maka pada 23 Janurai 2009, Walikota Tanjungpinang mengeluarkan surat keputusan nomor 56 tahun 2009 tentang penetapan lokasi pengadaan tanah bahi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan dimaksud.

Setelah keluar penetapan lokasi, Walikota Tanjungpinang mengeluarkan surat keputusan Nomor 38 tahun 2009 tanggal 7 Januaru 2009 tentang panitia pengadaan tanah bagu kegiatan tersebut yang terdiri dari Drs H Wan Samsi MM selaku asisten dan kesejahteraan rakyat Sekdako Tanjungpinang.

Drs Surya Dianus selaku kepala kantor pelayanan pajak prtama Tanjungpinang sebagai anggota, Drs H Syafrial Evi Ms MM selaku kepala badan perencanaan daerag dan penanaman modal Pemko Tanjungpinang, Drs Deddy Chandra selaku kepala bagian administrasi pemerintahan umum Sekdako Tanjungpinang, Syahril, selaku Camat Tanjungpinang sebagai anggota, Wan Martalena selaku Lurah bersangkutran sebagai anggota, Yusrizal A selaku Ptnh kepala Seksi Hal atas tanah dan pendaftaran tanah kantor pertanahan, serta Gustian bayu selaku Kasubag keagrariaan pada bagian administrasi pemerintahan umum Pemko Tanjungpinang, sebagai sekretaris 2 bukan anggota.

Keikut sertaan panitia tersebut dengan tugas sebagai pengadaan penelitian dan inventarisasi atas tanah, bangunan, tanaman dan benda lain berkaitan dengan tanah yang haknya akan dilepaskan.

Selanjutnya mengadakan penelitian mengenai status hukum tanah yang haknya akan dilepaskan atau diserahkan dan dokumen yang mendukungnya, Menetapkan besarnya ganti rugi atas atanah yang haknua akan diserahkan, memberikan penjelasan atai penyuluhan kepada masyarakat yang terkena rencana pembangunan tersebut.

Dalam pelaksaan kegiatan pengadaan lahan tersebut, JPU menilai adanya indikasi yang dapat merugikan keuangan negara dengam memperkaya diri sendiri, atau orang lain serta korporasi dengan menaikkan harga pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) lahan hingga terjadinya penggelembungan (mark-up) dana dan dapat menimbulkan kerugian negara sebesari Rp1,8 miliar berdasarkan audit BPKP.

Atas perbuatan terdakwa tersebut dinilai telah melanggar pasal 2, 3 jo pasal 12, 18 UU nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001, tentang korupsi jo pasal 55 KUHP.

Usai membacakan dakwaan JPU, Deddy Candra dan Penasehat Hukumnya langsung mengajukan eksepsi (pembelaan) yang dibacakan sendiri dihadapan majelis hakim dengan membantah semua tuduhan yang disampaikan oleh JPU tersebut

Jalannya sidang perkara tersebut sempat tertunda sema 30 meneit sejak pukul 18.00 WIB atas permintaan majelis hakim, karena memasuki waktu azan dan sholat magrib dan dilanjutkan hingga jam 19,05 WIB.(SN)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>