Home » Berita Foto » Songsong MEA, Kadin Karawang Dorong Perda Ketenaga Kerjaan Asing

Songsong MEA, Kadin Karawang Dorong Perda Ketenaga Kerjaan Asing

H. Nizar Sungkar, SH Ketua Kadin Karawang.
H. Nizar Sungkar, SH Ketua Kadin Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Asean Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dikenal dengan pasar bebas Asean 2015, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang mendorong agar Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dapat segera mempersiapkan diri untuk bersaing dengan SDM asing.

Pasalnya, mayoritas perusahaan investor asing, selalu menggunakan standar international yang dikenakan kepada calon tenaga kerja dalam seleksi penerimaan tenaga kerja.

Untuk itu, Kadin Karawang telah menyiapkan penyediaan fasilitas pendidikan IT yang bersertifikat Internasional. Melalui lembaga Certification and Learning Programme (CLP), yang diprakarsai oleh Kadin Karawang diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal mampu bersaing dengan SDM asing.

Lembaga belajar bersertifikat Internasional yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika 12 Karawang tersebut berkonsentrasi terhadap peningkatan kemampuan dan kompetensi Teknologi Informatika.

“SDM lokal kita sebetulnya secara skill, tidak kalah dengan SDM asing. Tetapi, secara administratif, seringkali hal itu diabaikan oleh masyarakat. Padahal, perusahaan asing, selalu mempergunakan syarat administratif tersebut sebagai acuan penerimaan calaon tenaga kerja. Jadi, ini yang harus kita dorong, agar masyarakat tahu akan kebutuhan sertifikasi bertaraf internasional,” ujar H. Nizar Sungkar, SH Ketua Kadin Karawang kamis (9/10).

Besarnya pencari kerja dengan usia produktif di Karawang, kata dia,sebetulnya sangat berpotensi untuk diserap dalam perusahaan yang berinvestasi di Karawang. Namun, karena masih seringnya pengabaian terhadap syarat secara administratif, membuat SDM lokal banyak yang tersisih.

Selanjutnya pengusaha konstruksi yang menjabat kali kedua Kadin Karawang ini berharap, dengan semakin tingginya tingkat kompetisi tenaga kerja di era pasar bebas ASEAN, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dapat melakukan tindakan afirmatif. Tindakan tersebut, dilakukan bukan bermaksud untuk melakukan proteksi terhadap potensi SDM asing. Namun, sambungnya, tindakan tersebut semata-mata dilakukan untuk memberi bekal SDM lokal agar berdaya saing tinggi.

“Kita berharap agar dilakukan penerbitan regulasi yang dapat mengakomodasi semuanya. Pada periode DPRD yang lalu, kita sudah melakukan komunikasi dan akan masuk dalam Prolegda. Kita harapkan, melalui anggota dewan baru dengan semangat yang baru, hal tersebut dapat segera diwujudkan,” katanya.

Bagi Nizar, kepentingan tersebut hanyalah semata-mata untuk menjadikan masyarakat agar merasakan dampak positif dari adanya investasi di Karawang. Jangan sampai, imbuhnya, justru karena kelengahan bersama, menjadikan masyarakat akhirnya hanya menjadi penonton pesatnya dunia industri.

“Kita mendorong ini semua, karena kita tidak ingin masyarakat ibaratnya menjadi ayam mati di lumbung sendiri,” kata dia lagi.

Untuk itu, pihaknya menyatakan Kadin Karawang siap untuk bersinergi dengan pihak pemerintah daerah untuk menuntaskan hal tersebut. Diharapkan olehnya, penyusunan regulasi peraturan daerah tentang ketenaga kerjaan yang mengatur tenaga kerja asing dan lokal harus segera dibuat.

“Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan harus segera mengantisipasi hal tersebut, ketika regulasi disiapkan, SDM kita sudah siap untuk bersaing,” katanya.

Ketika disinggung terkait dengan keberadaan Balai Latihan Kerja yang ada di Dinas Tenaga Kerja, pihaknya memberikan apresiasi. Namun, bagi Nizar, ada langkah penting yang harus dipikirkan, yakni pensertifikasian keahlian. Jangan sampai hal tersebut diabaikan.

“BLK lebih merupakan tempat untuk meningkatkan skill, keterampilan dan kompetensi. Sementara, sekali lagi, perusahaan asing selalu mempergunakan standarisasi sertifikat internasional. Ini yang juga harus dipikirkan atau bahkan butuh dilakukan revitaslisasi BLK secara substansial,” pungkasnya.(ega)

Check Also

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pinjaman dana tunai, seperti PT  Bess Finance yang beralamat di Ruko senawanggi Batu Aji, Batam.

Tagih Nasabah, Debt Kolektor Diduga Tidak Memiliki Dasar Hukum Fidusia

Batam , sidaknews.com – Perusahaan pembiayaan sudah menjabur di Kota batam, bahkan banyak perusahaan Pembiayaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>