Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Tahanan Polsek Cikampek Diduga Kabur ??

Tahanan Polsek Cikampek Diduga Kabur ??

Ilustrasi tahanan.
Ilustrasi tahanan.

KARAWANG,Sidaknews.com – Kabar kaburnya tahanan Polisi Sektor Cikampek Rabu malam 18 maret 2015 mengundang banyak tanya bagi masyarakat Kecamatan Cikampek Karawang, Jawa Barat.

Pasalnya terduga kasus percobaan pencurian toko milik ibu Ami ,dengan Laporan polisi Nomor :LP/51/III/2015/Sek Ckp tanggal 16 maret 2015,2 hari di tahanan Polsek cikampek ,dikabarkan telah raib dari tahanan Polsek Cikampek yang diduga kaburnya tahanan terjadi akibat kelalaian petugas jaga.

Sementara jajaran Polsek cikampek terkesan menutupi masalah ini dari konsumsi publik, Kepolisian Sektor Cikampek.Pasalnya, salah satu tahanan yang semestinya meringkuk dalam penjara justru berhasil melarikan diri.

Informasi yang diperoleh Media, Deni Maulana (24) kabur setelah berhasil menjebol tembok WC ruang tahanan saat polisi sedang lengah. Kejadian ini tentu saja mengundang banyak kritik dan pertanyaan. Sebab, bagaimana mungkin kepolisian bisa mengalami hal ini. Mereka menilai ada kelalaian dan kesalahan dalam mentaati standar operasional prosedur yang berlaku.

“Tersangka Deni maulana Bin maryono asal Kp Krajan Rt 04/02, Desa tamelang Kecamatan Purwasari, dengan kasus Pasal 53 yo 363 KUHP Pidana, telah menghilang dari tahanan Polsek Cikampek”.

Padahal tersangka percobaan pencurian ini tercatat baru masuk dalam tahanan sementara Polsek Cikampek pada hari senin 16 maret 2015,sayang kejadian yang menghebohkan masyarakat Cikampek ini terkesan ditutup-tutupi oleh jajaran Polsek Kecamatan cikampek. Hal itu terlihat ketika meminta klarifikasi masalah tersebut kepada jajaran polsek kecamatan Cikampek, seolah semua anggota polsek bungkam dengan tanpa kata.

Dikatakan seorang sumber Adi.S, Pembina TNI Desa Tamelang, Deni maulana adalah pelaku percobaan pencurian toko milik ibu ami di Desa tamelang hari senin, 16 Maret 2015 sekitar jam 00.03 wib. “Kejadian tahanan kabur .baru kemarin saya dapat Informasi,dan saya kontak Pa Edwar ,dan Pa Edwar pun membenarkan kaburnya Deni dengan cara menjebol tembok WC tahanan,,” katanya.

Orang tua Deni ,Maryono mengatakan ketika saya akan besuk anak saya, hari kamis ke polsek Cikampek ,saya dapat informasi dari anggota , polsek Cikampek ,bahwa anak saya Deni telah kabur ,saya hanya bisa urut dada dan bingung ,kenapa anak saya nekad kabur ,dan saya harapkan kepada anak saya Deni agar segera menyerahkan diri .ujarnya.

Ironisnya, pada saat kejadian terdapat petugas piket kepolisian yang tengah berjaga. Namun diduga pelaku berhasil melarikan diri saat polisi sedang lengah, salah seorang petugas di Polsek Cikampek menolak berkomentar. Ia meminta agar langsung menanyakan hal itu kepada Kapolsek Cikampek “Untuk lebih jelasnya coba tanyakan langsung kepada Kapolsek Cikampek karena beliau yang mempunyai wewenang. Saya cuma bawahan, bukan kapasitas untuk menjelaskan hal ini karena saya takut terjadi apa-apa,” ungkapnya.

Sayangnya Kapolsek Cikampek Kompol Ahmad Syopwan.SH, belum bisa memberikan keterangan. Dihubungi melalui sambungan telepon, ia tak menyahut. Padahal keterangannya sangat penting untuk menjelaskan persoalan ini secara gamblang.

Dilain pihak, Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi, tidak menganggap enteng persoalan tersebut. Ia bahkan berujar dengan tegas akan menindak tegas kapolsek cikampek. “Kalau memang benar tahanan di sana kabur, tegasnya yang disampaikan melalui layanan pesan singkat.

Ditempat terpisah, Dennis FW Ketua Pos Komando LSM-FMP Cabang Karawang menyayangkan sikap tertutup dari jajaran Polsek Cikampek mengenai kaburnya tahanan Polsek. “Saya heran kang, masa tahanan Polsek bisa Raib begitu saja, emang tidak ada yang jaga ya ? Diduga, kaburnya tahanan terjadi akibat kelalaian petugas jaganya” tanyanya.

“Masalah ini Kapolsek harus bertanggungjawab penuh, mengingat akan rasa percaya masyarakat kepada para penegak hukum, apalagi adanya kesan menutup-nutupi masalah ini, jelas semua ini ada apa, kenapa bisa terjadi seperti ini. Pokoknya kami dari LSM-FMP akan terus pantau masalah ini, ”. Sambung Dennis.(karla)

Check Also

Ketua Umum FSI Qalbun Salim (kanan) menyerahkan hasil penggalangan dana kepada Ketua FSLDK kepulauan Riau (kiri).

Peduli Somalia, FSI STIE Pembangunan Tanjungpinang Galang Dana

Tanjungpinang, sidaknews.com – Ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Dosen, Mahasiswa di STIE Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>