Home » Berita Foto » Tangsel Akan Rubah Regulasi Industri Pariwisata

Tangsel Akan Rubah Regulasi Industri Pariwisata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan, Yanuar.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan, Yanuar.

Tangerang Selatan,Sidaknews.com – Pada saat ini Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sedang berencana membuat aturan-atuan yang berkaitan dengan pemberian izin terhadap usaha jasa pariwisata yang berlokasi di wilayah Kota Tangerang Selatan, agar dapat memaksimalkan potensi pendapatan dari sektor pariwisata, khususnya yang belum tergarap, yang selama ini terbentur dengan aturan yang ada.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan, Yanuar, menyebutkan bahwa usaha-usaha masih yang belum tergarap atau belum memberi kontribusi pajak daerah, antara lain rumah-rumah makan, yang bangunannya tidak permanen, namun omsetnya mencapai Rp15 juta lebih per bulan.

Sedangkan untuk jenis usaha ini, Pemkot tidak dapat menarik pajak lantaran Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang menjadi dasar penarikan pajak tidak dibutuhkan untuk jenis bangunan tersebut.

“Dari hasil pendataan kami pada tahun 2014, terdapat 3800 unit usaha pariwisata potensial yang masih bisa digarap. Sementara saat ini, baru ada 700 unit usaha pariwisata yang sudah menyetorkan kewajibannya. Ini bisa digarap maksimal,” kata Yanuar.

Ditambahkannya dari 3800 unit usaha itu, sudah termasuk usaha dengan bangunan tidak permanen, yang belum dapat ditarik pajaknya.

Maka itu, diakuinya Kantor Budpar dan SKPD lain yang berkaitan dengan pajak daerah, sudah mengusulkan untuk perubahan aturan, agar usaha pariwisata yang menggunakan bangunan tidak permanen ini dapat ditarik pajaknya.

“Kalau secara pendapatan, mereka ini mencapai lebih dari Rp15 juta per bulan. Tapi, karena tidak ada IMB, izin HO-nya sebagai acuan membuat TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) tidak dapat dikeluarkan. Ya, imbasnya pemerintah tidak dapat menarik pajaknya,” pungkasnya. (Haris Maloko)

 

 

 

 

 

 

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>