Home » Berita Foto » Tanjungpinang International DRAGON BOAT RACE 2014

Tanjungpinang International DRAGON BOAT RACE 2014

Acara yang ditaja oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Ir. Robert Iwan Loriaeux dan disaksikan oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah
Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2014 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Ir. Robert Iwan Loriaeux dan disaksikan oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Setelah sekian lama diselenggarakan, untuk pertama kalinya event Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race 2014 digelar di Sei Carang. Acara yang ditaja oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Ir. Robert Iwan Loriaeux dan disaksikan oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH bersama seluruh jajaran FKPD Kota Tanjungpinang, Jumat (24/10) di Jembatan Engku Putri Hamidah Sei Carang.

Sebelumnya, event tahunan yang bertaraf internasional ini dilaksanakan di perairan di depan Gedung Daerah, namun mulai tahun 2014 ini lokasinya dipindahkan ke Sei Carang.

Dikatakan Juramadi Esram selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dipilihnya Sei Carang sebagai lokasi lomba merupakan implementasi dan komitmen pemerintah untuk mengeksplore tempat-tempat wisata baru di Kota Tanjungpinang. Selain itu, lebih lanjut dikatakan Juramadi, ajang ini dapat dimanfaatkan sebagai promosi pariwisata sekaligus meningkatkan aktivitas olaharag yang digemari oleh masyarakat baik lokal maupun internasional.

Juramadi juga menjelaskan, awalnya peserta yang mendaftar ada sebanyak 33 tim, namun saat dilakukan technical meeting hanya tersisa 27 tim. Dari ke-27 tim tersebut, negeri jiran tetangga Malaysia mengirimkan 3 tim dan Singapura 1 tim.

Walikota TPI Bersama Srkda prov serta Pejabat Pemko Tanjungpinang
Walikota Tanjungpinang H.Lis Darmansyah,SH Bersama Sekda prov Kepri serta Pejabat Pemko Tanjungpinang.

Sementara itu sisanya antara lain berasal dari jambi 2 tim, Batam 4 tim, Lingga 2 tim, Karimun 1 tim, Kepri 1 tim, Lantamal IV 1 tim, Yonif 3 tim, Polres 1 tim, Marinir 2 tim, dan Wing Udara 2 sebanyak 2 tim. Adapun total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 99 juta dengan rincian juara 1 mendapatkan Rp. 40 juta, juara 2 Rp. 25 juta, juara 3 Rp. 20 juta, serta juara 4 Rp. 10 juta. Bukan hanya itu saja, ada penambahan jumlah hadiah yang diraih oleh juara 1, 2, dan 3 oleh Pemerintah Provinsi Kepri yang masing-masing mendapatkan penambahan sebesar Rp. 7 juta, Rp. 5 juta, dan Rp. 3 juta.

Lebih lanjut dikatakan Juramadi, selain lomba perahu naga, dalam pelaksanaan event ini juga diadakan bazaar, atraksi ski air, serta lomba photo. Selain itu, dalam pelaksaan event DBR tahun ini hanya perahu naga saja yang diperlombakan.

Sementara pada lomba lainnya tidak diikutsertakan karena sudah dimasukkan kedalam agenda festival laut lainnya. “Walaupun pelaksanaannya sekarang sudah mengikuti standard internasional yang berlaku, namun kedepannya standard pelaksanaan DBR ini akan lebih disempurnakan lagi mengingat ini adalah event internasional.” Ujar Juramadi.

Team DBR Polis Diraja Malaysia.
Team Dragon Boat Race Polis Diraja Malaysia.

Sementara itu, tak jauh berbeda dengan Juramadi, Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah juga menegaskan, pelaksanaan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2014 ini akan terus dilaksaksanakan di Sei Carang. Menurut Lis, Sei Carang merupakan urat nadi perekonomian Kota Tanjungpinang sebagai daerah maritim di masa lalu.

Ia juga berharap, kejayaan maritim di masa lalu akan terus berlanjut dimasa sekarang dan yang akan datang. Oleh sebab itu, pemilihan lokasi Sei Carang juga bertujuan untuk meningkatkkan kepariwisataan di Kota Tanjungpinang sebagai daerah maritim yang potensial sehingga menghasilkan sektor-sektor jasa lainnya demi menunjang ekonomi kerakyatan.

“Pembenahan sarana dan prasarana pariwisata akan terus kita galakkan. Ini adalah strategi untuk meningkatkan sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang besar dalam peningkatan PAD Kota Tanjungpinang.” Kata Lis. “Usaha peningkatan sektor pariwisata Kota Tanjungpinang merupakan tugas kita semua. Untuk itu harus ada kerjasama yang sinergis antara semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Bintan.” Katanya lagi.

Internasional Tanjungpinang 2014
Internasional  Dragon Boat Race Tanjungpinang 2014.

Senada dengan yang disampaikan Lis, Sekdaprov Ir. Robert Iwan Loriaeux menyatakan, Pemerintah Provinsi Kepri mendukung secara penuh kegiatan dimaksud.

Ia juga menambahkan, lokasi pelaksanaan DBR di depan Gedung Daerah dinilai sudah tidak layak lagi. Oleh sebab itu, pemilihan lokasi baru Sei Carang dinilai dapat memberikan penyegaran sekaligus promosi daerah kunjungan wisata di Kota Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepri.

Pembukaan Tanjungpinang Internasional Dragon Boat race 2014 ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh pemenang tahun lalu yaitu Tim Provinsi Kepri kepada Walikota Tanjungpinang untuk diperebutkan kembali.

Serta pelepasan balon oleh Sekdaprov bersama Walikota Tanjungpinang dan unsur FKPD Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race 2014 ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 24 – 26 Oktober 2014.(Mela/Erva)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>