Home » Berita Foto » Target Pendapatan Pajak Rokok di Purwakarta Rp 21,3 Milyar

Target Pendapatan Pajak Rokok di Purwakarta Rp 21,3 Milyar

Untuk tahun 2014 ini kantor pelayanan wilayah purwakarta mentargetkan pendapatan pada pajak baru

Purwakarta.sidaknews.com- Sesuai Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, mulai 1 Januari 2014 daerah provinsi dapat memungut jenis pajak baru yakni pajak rokok.

Mempersiapkan hal itu, Kantor cabang pelayanan pajak wilayah Purwakarta, Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Barat menggelar sosialisasi Pajak Rokok dihadapan para camat dan kades se purwakarta, senin (10/01) pagi di bale sawala yudistira.

Hadir dalam kesempatan itu, kepala kantor cabang pelayanan pajak wilayah purwakarta, Eem Sujaemah, wakil bupati Purwakarta, H. Dadan Koswara, kepala DPKAD Purwakarta dan para camat serta kades dan lurah.

Untuk tahun 2014 ini kantor pelayanan wilayah purwakarta mentargetkan pendapatan pada pajak baru, yakni pajak rokok ini sebesar 21,23 milyar. Angka sebesar itu dilihat dari target sebelumnya yang hanya 173 milyar dapat terealisasi sebesar 20,4 milyar atau ada persentase kenaikan 117,45 persen.

“Sistemnya kita bagi hasil, untuk kabupaten 70 persen dan propinsi 30 persen. Bagi hasil propinsi yang 30 persen kebanyakan untuk biaya sosialisasi seperti ini,” tegas Eem Sujaemah, Kepala cabang kantor pelayanan pajak dinas pendapatan propinsi jabar.

Menurut Eem, selain pajak rokok, pihaknya juga mentargetkan ditahun 2014 ini bagi hasil pendapatan dari pajak lainnya untuk kabupaten purwakarta diantaranya pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar 15 milyar, Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor I (BBNKB I) 17 milyar, BBNKB II 45 Milyar dan retribusi pendapatan 170 milyar.

Sementara itu, Wakil bupati Dadan Koswara menyambut baik peralihan pengelolaan pajak rokok yang sekarang dikelola oleh propinsi, apalagi ada bagi hasil dengan kabupaten.

Untuk itu pihaknya akan membantu propinsi mensosialisasikan pentingnya peningkatan pajak. “Termasuk kita genjot untuk pajak kendaraan bermotor, terutama kendaraan dinas milik pemkab. Kita harus beri contoh yang baik pada masyarakat dengan membayarkan pajak kendaraan dinas,” pungkas Dadan. (ega nugraha)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya melantik dan mengukuhkan sebanyak 149 Pejabat Administrator Eselon III di lingkungan Pemkab Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19/1).

Wabup Sergai Kukuhkan dan Lantik 149 Pejabat Administrator

*Darma Wijaya: Laksanakan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan dengan penuh tanggung jawab Sergai, sidaknews.com …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>