Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Tebingtinggi Terima Penghargaan APE Tingkat Madya

Tebingtinggi Terima Penghargaan APE Tingkat Madya

Keterangan gambar : Penghargaan APE “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya Nasional diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise pada acara puncak Peringatan Hari Ibu ke 86 di Jakarta”.
Keterangan gambar :
Penghargaan APE “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya Nasional diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise pada acara puncak Peringatan Hari Ibu ke 86 di Jakarta”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Pemerintah Kota Tebingtinggi menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya Nasional dari Presiden RI. Penghargaan tersebut diterima oleh Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise pada acara puncak Peringatan Hari Ibu ke 86 di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jakarta.

Demikian siaran pers disampaikan Pemko Tebingtinggi kepada wartawan, Jumat lalu (19/12). Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, yang dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) pada berbagai sektor pembangunan.

Terdapat tiga kategori dalam APE, yang tertinggi kategori Utama, disusul Madya dan Pratama, dimana pada tahun 2013 Kota Tebingtinggi telah meraih penghargaan APE kategori Pratama, sedangkan untuk tahun 2014 ini mendapatkan penghargaan serupa dengan kategori Madya.

Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bahwa sejumlah program/kegiatan yang telah diluncurkan Pemerintah Kota Tebingtinggi dinilai Pemerintah Pusat telah banyak memihak pada perempuan dan anak, diantaranya pelatihan bagi perempuan dengan tujuan agar kaum perempuan dapat mandiri secara ekonomi, sehingga akan mampu menumbuhkan UKM-UKM baru, Pelaksanaan Program P2WKSS dan Program Kota Layak Anak.

Pada tahun 2014, Presiden RI memberikan penghargaan APE kepada delapan kementerian, 13 propinsi dan 48 kabupaten/kota. Untuk Provinsi Sumatera Utara hanya terdapat 2 dari 33 Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan dimaksud, yakni Kota Tebingtinggi dengan kategori Madya dan Kabupaten Labuhan Batu dengan kategori Pratama.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Kota Tebingtinggi, drg Dina Kamarina MKes yang turut mendampingi Walikota Tebingtinggi pada acara penyerahan penghargaan tersebut menyampaikan, bahwa dengan diperolehnya penghargaan APE ini maka komitmen Pemko lebih dituntut lagi dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta pembangunan yang responsif gender.

Sedangkan Kepala Bappeda Kota Tebingtinggi Gul Bakhri Siregar SIP M.Si selaku Ketua Pokja PUG mengatakan bahwa apresiasi yang diberikan ini merupakan hasil dari koordinasi yang dilakukan dengan SKPD selama ini dalam penganggaran kegiatan yang berbasis gender sehingga indeks pemberdayaan gender secara bertahap dapat ditingkatkan.

“Diharapkan kedepan agar berbagai program/kegiatan terkait penilaian APE, mencakup berbagai innovasi daerah didukung dengan regulasi berbentuk Perwa sehingga pada tahun 2015 mendatang berhasil mendapat penghargaan APE Tingkat Utama”, harap Gul Bahri Siregar.(Hans)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *