Home » Berita Foto » Tersangka Gustian Bayu Rabu Depan Menjalani Persidangan

Tersangka Gustian Bayu Rabu Depan Menjalani Persidangan

Mantan walikota Tanjungpinang
Mantan walikota Tanjungpinang Saat memberikan keterangan kepada majelis hakim di Pengadilan Tipikor (PN) Tanjungpinang.(fhoto:istimewa)

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Selain Dedy Candra akan menyusul lagi tersangka Gustian Bayu di Persidangan pada hari Rabu (29/10). Gustian Bayu sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak penyidik Reskrim Tanjungpinang.

Tersangka Gustian Bayu saat itu menjabat sebagai Kasubag Agaria Pemko Tanjungpinang, sekaligus menjabat sebagai skertaris dua pada tim 9, selaku pihak yang dinilai ikut bertanggungjawab sebagai penentu harga nilai Lahan untuk pengadaan lahan USB, melalui dana APBD Pemko Tanjungpinang tahun 2009 dengan nilai Rp2,9 miliar.

Informasi diperoleh di lapangan, dalam berkas berita acara pemeriksaan (BAP) maupun dakwaan yang akan dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di persidangan, bakal disampaikan terhadap keterlibatan masing-masing anggota tim 9 dan tim 5 sebagai orang yang diduga ikut serta secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi yang dituduhkan, termasuk terdakwa Dedy Candra yang saat ini tengah menjalani proses persidangan.

Namun hingga saat ini, tim penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang, baru menetapakan 4 orang tersangkanya, yakni Dedy Candra, Gustian Bayu, Syafrizal dan Yusrizal.

Sementara dalam proses pembebasan lahan tersebut, tim 5 yang juga masuk dalam tim 9 terdiri dari, Drs. H. Wan Samsi selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Surya Dianus sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang, Tri Agus Kasmanto sebagai Pj.Kakantor Pajak Pratama Tanjungpinang, Drs. H. Syafrial Evi sebagai Ka. Bappeda dan Penanaman Modal kota Tpi.

Drs. Dedy Chandra sebagai Kabag. Adm. Pemerintahan Umum, Syarizal selaku Camat Tanjungpinang Timur, Yusrizal A. Ptnh selaku Kasi HT dan PT kantor Pertanahan, Gustian Bayu selaku Kasubag Agraria dan Wan Martalena sebagai Lurah Pinang Kencana.

“Secara garis besarnya, nanti dalam dakwaan sidang perdana terhadap terdakwa Gustian Bayu nantinya, bakal dapat di lihat tentang rangkaian keterlibatan masing-masing anggota tim 5 dan tim 9 dalam perjara tersebut pada Rabu (29/10) besok,” ucap Zaldi Akri SH, salah seorang tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Tanjungpinang, Senin (27/10).

Dikatakan, dalam perkara ini, tersangka Gustian Bayu diduga ikut terlibat dengan melakukan persekongkolan dengan tesangka Dedy Candra, sesuai semua unsur dalam pasal 2 juncto, pasal 3 juncto,pasal 12 juncto pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 55 KUHP. (Sn)

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>