Rabu , 24 Mei 2017
Home » Kepri » Tersangka Korupsi BPK satu orang Jadi Tahanan Rumah

Tersangka Korupsi BPK satu orang Jadi Tahanan Rumah

Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.
Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Tersangka atas perkara dugaan korupsi dana hibah di Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Tanjungpinang, salah satu dari dua orang yang ditetapkan tersangka, satu diantaranya berinisial H menjadi tahanan rumah oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang.

“Tersangka H akan kita berlakukan tahanan rumah saja, karena kakinya sakit parah. Namun, sebelum itu kita masih menunggu hasil audit dulu,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjungpinang, Maruhum, Jumat semalam (14/2) kepada wartawan.

Sementara, kata Maruhum, satu tersangka lagi, yakni tersangka F tidak sakit. “Tersangka F sehat – sehat saja kemarin, dan tersangka tidak kita berlakukan tahanan rumah, tapi dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjungpinang,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, dalam pemeriksaan perkara dugaan korupsi tersebut, diketahui tersangka sama sekali tidak pernah berangkat.

“Tersangka sama sekali tidak pernah berangkat. Dalam hal ini, kerugian Negara diperkirakan lebih dari Rp300 juta. Namun, kita tunggu dari hasil audit dulu,” katanya.

Ia menyampaikan, jika sudah ada hasil audit, maka pihaknya akan melakukan penahanan terhadap tersangka.

Sementara, sebelumnya, kejaksaan telah memanggil dan memeriksa belasan saksi terkait perkara dugaan korupsi dana hibah APBD tahun 2010 – 2012 sekitar Rp300 juta di Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Tanjungpinang.

Selain itu, modus dugaan korupsi atas perkara tersebut, kedua tersangka diduga membuat surat perjalanan dinas fiktif pada kegiatan yang tidak dilaksanakan. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 juncto pasal 3 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 junto pasal 64 KUHP.(Ik)

Check Also

Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Salurkan Bantuan Sembako

Langsa, sidaknews.com – Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Resor Langsa, Bripka Boy Sandi menyalurkan bantuan sembilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *