Rabu , 29 Maret 2017
Home » Berita Foto » Tersangka korupsi UMRAH dan Barang bukti diserahkan kepada JPU

Tersangka korupsi UMRAH dan Barang bukti diserahkan kepada JPU

Poto: Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang
Poto: Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang

Tanjungpinang,Sidaknew.com – Pihak Kejaksaan Tinggi Kepri tadi siang menyerahkan dua tersangka pada kasus Pembangunan Gedung UMRAH, diantara adalah Tengku Afrizal dan Rudianto Soedjatmiko.Selain menyerahkan kedua tersangka juga diserahkan barang bukti dalam korupsi ke Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Rabu (23/4)

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Kepri Setiawan SC SH, mengatakan, pelimpahan tahap dua ini dilakukan atas selesainya penyidikan berkas perkara dua tersangka korupsi tersebut.

Pelimpah BAP tersebut setelah tim penyidik melengkapi semua unsur dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh tersangka, berserta sejumlah barang bukti (BB) termasuk sejumlah dokumen kontrak pelaksanaan proyek yang dinilai telah merugikan keuangan negara sebesar Rp864.874.000 dari total nilai kontrak senilia Rp13,4 miliar,
bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun anggaran 2012.

“Hasil penyelidikan sementara kita terhadap dua tersangka dugaan kasus korupsi di UMRAH tersebut, dinilai sudah cukup dan lengkap (P-21) untuk diserahkan ke JPU yang akan menyidangkan perkara ini nanti ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang,” kata Kepala Seksi Penyidik (Kasidik) Kejati Kepri, Setiawan SH didampingi 2 anggota jaksa Kejati Kepri lainnya, Rein Lesmana SH, dan Dharmawan Suyanto SH.

Tengku Afrizal sebagai PPK dan Rudianto Soedjatmiko sebagai kontraktor dikenai sangkaan dengan pasal 2, 3 dan 9 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 55 KUHP.

“Untuk sementara, penyelidikan dugaan kasus korupsi ini, kita fokuskan dulu terhadap 2 tersangka ini, sembari menunggu apa hasil putusan sidang di pengadilan nanti. Jika memang ada arahan terhadap tersangka lain, maka segera kita tindak lanjuti,”ungkap Setiawan.

Pantauan di lapangan, kedua tersangka korupsi ini, Tengku Afrizal dan Rudi Rudijanto tiba dikantor Kejari Tanjungpinang sekitar pukul 10.30 WIB setelah dijemput dari Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 Tanjungpinang menggunakan mobil operasional Kejati Kepri dengan pengawalan ketat dari 3 jaksa penyidik, termasuk 2 orang staf Kejati Kepri lainya.

Setiba di Kantor Kejari Tanjungpinang, kedua tersangka langsung digiring menuju ruangan Kasi Pidusus di lantai 2 untuk menjalani pemeriksaan tambahan serta melengkapi sejumlah dokumen lain terkait pelimpahan perkara tersebut.

“Bila tidak ada halangan, berkas perkara dugaan kasus ini akan kita limpahkan ke PN Tipikor Tanjungpinang, Senin (28/4) besok,” ucap Kepala Seksi Tindan Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjungpinang, Maruhum SH.

Disampaikan, dalam menghadapi persidangan di PN Tipikor nanti, pihaknya telah mempersiapkan sekitar 7 orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan 4 orang diantaranya dari Kejati Kepri.

“Sejauh ini tidak masalah lagi, tinggal kita melengkapi sedikit beberapa dokumen yang kita anggap penting,”ucap Maruhum.(HK/BT)

Check Also

Kader Kammi tanjungpinang sedang berlatih teknik persidangan.

Tingkatkan Militansi Kader, KAMMI Tanjungpinang Gelar Teknik Sidang Jilid II

Tanjungpinang, sidaknews.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Tanjungpinang kembali mengadakan kegiatan Teknik …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>