Home » Berita Foto » Terumbu Karang Potensi Alam Bahari Anambas

Terumbu Karang Potensi Alam Bahari Anambas

Salah satu jenis Terumbu Karang di Laut Anambas
Salah satu jenis Terumbu Karang di Laut Anambas

Anambas.sidaknews.com – Kepulauan Riau terdiri dari banyak pulau-pulau khususnya Kepulauan Anambas yang tidak asing lagi bagi masyarakat luas khususnya bagi pencinta alam bawah laut. Keindahan alam kepulauan Anambas sudah sampai ke dunia luar, selain Bunaken, Panaitan, Nusa Dua dan Banggai Sulawesi tengah, Kepulauan Anambas salah satu termasuk Terumbu karangnya yang diakui oleh para pencinta Alam.

Fungsi dari Terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal tropis yang paling kompleks dan produktif. Terumbu karang juga merupakan ekosistem yang rentan terhadap perubahan lingkungan, namun tekanan yang dialaminya semakin meningkat seiring dengan penambahan jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat di wilayah pesisir.

“Tingginya tekanan ini diakibatkan oleh banyaknya manfaat dan fungsi yang disediakan oleh terumbu karang dengan daya dukung yang terbatas, sedangkan kebutuhan manusia terus bertambah sepanjang waktu”.

Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.

karang3Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjadikan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. Saat ini, peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.

Struktur masif dan kokoh dari terumbu berfungsi sebagai pelindung sempadan pantai, dan ekosistem pesisir lain (padang lamun dan hutan mangrove) dari terjangan arus kuat dan gelombang besar. Struktur terumbu yang mulai terbentuk sejak ratusan juta tahun yang lalu juga merupakan rekaman alami dari variasi iklim dan lingkungan di masa silam, sehingga penting bagi penelitian paleoekologi.

Ekosistem ini juga berperan penting dalam siklus biogeokimia secara global, karena kemampuannya menahan nutrien-nutrien dalam sistem terumbu dan perannya sebagai kolam untuk menampung segala bahan yang berasal dari luar sistem terumbu.

Fungsi dan Manfaat Terumbu Karang dan Perannya Terhadap Sistem Perikanan

Karang anambas2Istilah terumbu karang tersusun atas dua kata, yaitu terumbu dan karang, yang apabila berdiri sendiri akan memiliki makna yang jauh berbeda bila kedua kata tersebut digabungkan.

Istilah terumbu karang sendiri sangat jauh berbeda dengan karang terumbu, karena yang satu mengindikasikan suatu ekosistem dan kata lainnya merujuk pada suatu komunitas bentik atau yang hidup di dasar substrat.

Berikut ini adalah definisi singkat dari terumbu, karang, karang terumbu, dan terumbu karang. Terumbu karang adalah ekosistem di dasar laut tropis yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenisjenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Pencinta Alam laut/Bahari di Kepulauan Anambas
Pencinta Alam laut/Bahari di Kepulauan Anambas

Jika dilihat dengan kasat mata, kepedulian daerah khususnya pemerintah Kabupaten Anambas melalui Dinas Pariwisata setempat membuat suatu program kerja dalam menggali Potensi-potensi laut dan membuka terubosaan ke dunia luar dan lokal, sehingga income dari wisata Bahari dapat meningkat.

Hal ini diungkapkan oleh Riki Saputra salah satu pemirhati Kelautan dari Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang semester VIII, menurutnya, potensi alam laut di kabupaten Anambas luar biasa, sayangnya pihak Pemerintah daerah setempat dan pihak Provinsi Kepri tidak fokus untuk mempromosikan ke dunia luar, padahal, para Turis mancanegara selalu mengincar potensi alam khususnya daerah yang mempunyai Terumbu karang dan wisata Draving.Ungkapnya.(Rohadi/Tim)

Check Also

Abdullah Puteh ketika menyampaikan orasi politiknya dihadapkan masyarakat Asam Peutek.

Abdullah Puteh: Jangan Takut Dengan Intimidasi

Langsa, sidaknews.com – Menjelang pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Walikota/wakil Walikota pada 15 Februari nantinya, diminta …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>