Home » Berita Foto » Tidak Lama Lagi Bintan Miliki Museum Bahari

Tidak Lama Lagi Bintan Miliki Museum Bahari

Herri  Kabid Kebudayaan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Bintan
Herri. Kabid Kebudayaan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan.

Jakarta,Sidaknews.com – Dalam waktu yang tidak begitu lama lagi Bintan akan mememiliki sebuah museum bahari. Kabupaten Bintan yang memiliki potensi pariwisata kebaharian, yang cukup potensial itu rasanya sia-sia jika tidak memiliki museum bahari, yang bakal menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kebaharian.

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Periwisata dan Kebudayaan kabupaten Bintan, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bidang Pariwisata, dengan menyediakan sarana museum bahari, sebagai daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung kepulau Bintan, baik turis mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Bintan, Harri, yang ditemui Sidaknews.com, (01/10) disela-sela pendidikan dan latihan (Diklat) Koservasi bawah Laut di Jakarta, mengatakan bahwa kabupaten Bintan telah melaksanakan pembangunan gedung yang diperuntukkan sebagai museum bahari, yang kini tahap pekerjaan bangunan pisiknya sudah mencapai empat puluh persen, diperkirakan pada tahun inijuga akan selesai secara keseluruhan.

“Pembangun pisik museum bahari Alhamdulillah sudah mencapai 40%, insy allah akan selesai pekerjaannya pada tahun ini juga” ujar Herri.

Sedangkan untuk koleksi museum bahari tersebut sebagi anak andi kumpulkan melalui masyarakat kabupaten Bintan yang memilikinya, dengan cara menggantikan kepemilikan benda-benda tersebut dengan cara kompensasi atau masyarakat yang memiliki benda-benda yang bernilai sejarah tersebut boleh menitipkannya untuk dipamerkan kepada pengunjung museum bahari kelak.

Ditambahkan Herri, pada saat ini disamping mengikuti diklat koservasi alam bawah laut, dirinya juga berkesempatan mengadakan studi banding tentang tata ruang pamermusem di museum bahari milik pemerintahan DKI Jakarta, yang terdapat di pasar ikan Luar Batang Jakarta.

“ Kelak musem bahari kabupaten Bintan akan diisi oleh koleksi berupa ; perahu nelayan, perahu Lancang Kuning, berbagai jenis alat tangkap nelayan pada masa silam, koleksi potret kehidupan nelayan yang ada di pulau Bintan, seperti halnya perahu suku laut yang terdapat di desa Berakit Bintan dan lainya” paparnya.

Kemudian dari sisi ekonomi, pihak Dinas Pariwisata kabupaten Bintan berharap dengan adanya museum Bahari ini merupakan daya tarik sendiri bagi turisman canegara, mau pun turis nusantara, pada akhirnya akan menambah pendapatan dari sektor pariwisata, diketahui bahwa kabupaten Bintan yang selama ini sudah memperoleh PAD sekitar 60 % dari sektor pariwisata, dan museum ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bagi dunia pendidikan.

“Kami berharap dengan adanya museum bahari di Bintan, yang terletak di desa teluk Bakau kabupaten Bintan ini, maka sedikit banyak akan mendongkrak kunjungan turis, dan dari sisi pendidikan akan memberikan informasi pengetahuan yang akurat tentang dunia kebaharian yang terdapat di kabupaten Bintan “ pungkas Herri. (Haris Maloko)

Check Also

Pasangan calon Walikota/wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. Syamsudin H. Amin MM dan Khairul Anwar SH MH.

Bila Terpilih, Paslon SAKA Akan Jalankan 5 Pilar Pembangunan

Langsa, sidaknews.com – Pasangan calon (paslon) Walikota dan wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>