Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Tim Penyidik Kejaksaan Kepri dan Tanjungpinang Telusuri Sisa Uang Korupsi Dari Dua Tersangka Tera

Tim Penyidik Kejaksaan Kepri dan Tanjungpinang Telusuri Sisa Uang Korupsi Dari Dua Tersangka Tera

Tersangka kasus korupsi Tera Disperindag kepri.
Tersangka kasus korupsi Tera Disperindag kepri.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Tim penyidik Kejaksaan Tinggi Kepri bersama Kejari Tanjungpinang, hingga kini masih terus mendalami dan menyelidiki sisa uang dari dugaan kasus korupsi kelebihan dana Retribusi kalibrasi Timbangan dan Alat Ukur (Tera) pada UPT Metrologi Disperindag Kepri, selama 2007 – 2011 sebesar Rp677 juta dari dua tersangka yang telah ditetapkan penyidik jaksa Kejati Kepri sebelumnya.

Sisa uang hasil dugaan kasus korupsi tersebut diperoleh dari total kerugian negara berdasarkan hasil audit BPKP sebesar Rp1,092 miliar. Sebagian uang tersebut sudah dikembalikan tersangka sebesar Rp415 juta, sehingga jika dikurangi seluruhnya, masih tersisa sekitar Rp677 juta.

Dalam dugaan kasus korupsi tersebut, tim penyidik Kejati Kepri telah menetapkan sebanyak dua orang tersangka, yakni, Moch Darmawan dan Tarmin, selaku pejabat pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Disperindag Kepri, sebagai orang yang dinilai paling bertanggungjawab atas dugaan kasus tersebut.

“Hingga saat ini kita masih terus berusaha untuk mendapatkan kembali sisa uang dugaan korupsi Tera sebesat Rp677 juta dari total nilai kerugian negara sebesar Rp1,092 miliar hasil audit BPKP sebelumnya,” Kepala Kejari Tajungpinang, Herry Ahmad Pribadi, SH MH pada sejumlah wartawan, usai acara pelimpahan tahap dua berkas dugaan kasus Tera tersebut dari Tim penyidik Kejati ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Tanjungpinang, Selasa (30/9).

Dijelaskan, salah satu upaya untuk pengembalian sisa uang hasil dugaan kasus korupsi tersebut dilakukan melalui penyelidikan dilapangan terhadap sejumlah aset milik tersangka untul disetorkan ke dalam kas negara.

“Artinya, dalam penanganan perkara dugaan kasus korupsi di wilayah ini, selain melakukan hukuman badan terhadap para tersangkanya, namun upaya lain yang sangat penting kita lakukan adalah, bagaimana untuk mendapatkan kembali total kerugian negara yang telah kita dapati, sesuai ketentuan hukum berlaku,”ucap Herry, didampungi Kepala Seksi Penyidik Kejati Kepri, Padeli SH dan Kasis Pidsus Kejari Tanjungpinang, Maruhum SH.

Kepala Kejari Tanjungpinang ini melanjutkan, selain penetapan dua tersangka dugaan kasus korupsi tersebut, tidak tertutup kemungkinan adanya penambahan terhadap tersangka lainnya.

“Kita lihat saja apa hasil sidang perkara tersebut di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang. Jika memang terbukti, maka tidak tertutup kemungkinan adanya tersangka baru yang terlibat,”ungkapnya.(Sn)

Check Also

Makjang…!!!, Gegara Dibakar Api Cemburu, Seorang Perempuan Dianiaya di Dalam Kios

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Seorang Wanita berinisial SB alias I (22) warga Pijorkoling kecamatan psp tenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *