Selasa , 28 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Tim Reskrim Polsek Gantung Amankan Pelaku BBM Jenis Premium Ilegal

Tim Reskrim Polsek Gantung Amankan Pelaku BBM Jenis Premium Ilegal

Ilustrasi: Penangkapan bbm ilegal.
Ilustrasi: Penangkapan bbm ilegal.

GANTUNG.Sidaknews.com – Aksi penyalahgunaan BBM ilegal kembali terjadi. Kali ini, Polsek Gantung Belitung-Timur (Beltim) berhasil mengamankan BBM jenis premium sebanyak 1,2 ton yang tak dilengkapi dokumen resmi.

Pelakunya, Darwin (53), warga asli Padang, yang menetap di Desa Jangkar Asam, Kecamatan Gantung. Darwin bersama rekannya, Ferri (31) warga Bukit Setiong Desa Lilangan.

Ditangkap anggota Reskrim Polsek Gantung, saat sedang mengangkut premium di jalan Jendral Sudirman, Gantung, pada Rabu (8/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolsek Gantung, Iptu Ryan Faisal mengatakan, ditangkapnya pelaku berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat. Tindak lanjutnya, anggota Reskrim Polsek langsung bergerak melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan kebenarannya, polisi akhirnya berhasil mengamankan pelaku.

“Setelah kita tangkap, kita cek surat menyuratnya. Pada saat itu pelaku Darwin bersama rekannya Ferry, tidak bisa menunjukkan surat izin,” ujar Ryan, kemarin (10/10).

Iptu Ryan menambahkan, berdasarkan keterangan berita acara pemeriksaan, pelaku setidaknya melakukan dua kali transaksi BBM setiap bulan. “Pelaku diketahui mengangkut premium di Pom (SPBU, red) bensin Padang, kemudian pelaku menjual premium ini di toko miliknya di Jangkar Asam,” terangnya.

Lebih lanjut dituturkan Ryan, penyalahgunaan BBM oleh pelaku sudah berlangsung selama belasan tahun. Namun, pada awalnya pelaku hanya menggunakan sepeda motor. “Dan baru-baru ini, pelaku mulai menggunakan mobil, sehingga premium yang diangkut bisa mencapai 1 ton lebih,” ujar Ryan.

Dijelaskan Ryan, sebetulnya penjualan BBM bersubsidi tidak dilarang. Asal memiliki surat-menyurat, mengikuti aturan dan prosedur yang benar.

“Proses legalnya bisa diawali kerjasama dengan pihak koperasi yang dilengkapi surat izin yang dikeluarkan pemerintah daerah,” terangnya.

Saat ini pelaku dan barang bukti berupa 60 derigen atau setara dengan 1,2 ton premium sudah diamankan di Mapolsek Gantung. Satu unit mobil Isuzu Panther bernomor polisi BN 9403 BL, juga diamankan sebagai barang bukti.

“Atas tindakannya, pelaku telah melanggar pasal 55 Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang migas, dengan ancaman 5 tahun penjara,”tandasnya.(ANs)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>