Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Tingkatkan Kualitas SDM, DPRD Kepri Gandeng UMRAH

Tingkatkan Kualitas SDM, DPRD Kepri Gandeng UMRAH

Keterangan foto: Rektor UMRAH, Prof DR Syafsir Akhlus MSc dan Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak SH saat penandatanganan MoU di Gedung UMRAH Dompak, Senin (15/12) lalu. (Foto: Rindu Sianipar)
Keterangan foto: Rektor UMRAH, Prof DR Syafsir Akhlus MSc dan Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak SH saat penandatanganan MoU di Gedung UMRAH Dompak, Senin (15/12) lalu. (Foto: Rindu Sianipar)

Tanjungpinang,sidaknews.com – Upaya untuk mengembangkan kompetensi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada pembangunan di bidang sains dan teknologi, serta pengembangan potensi daerah Kepri.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang.

Kesepakatan kerjasama ini dilakukan di Gedung Rektorat UMRAH, Dompak, Kepri, Senin (15/12) lalu. Jalinan nota kerjasama yang bernomor 07/160/MoU/XII/2014 ini ditandatangani oleh Rektor UMRAH, Prof DR Syafsir Akhlus MSc dan Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak SH.

Jangka waktu kerjasama tersebut cukup panjang yakni selama empat tahun masa kerja sejak dimulainya penandatanganan nota kesepahaman. “Dengan adanya kerjasama ini, nantinya potensi perikanan dan sumber daya kelautan dapat melalui penelitian dan kajian UMRAH.

Potensi-potensi seperti itu bisa dikelola oleh Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,” kata Jumaga. Sedangkan untuk pembuatan naskah akademik, lanjut Jumaga, kini DPRD Kepri telah menyerahkan kepercayaan kepada UMRAH sebagai peneliti dan pencipta naskah tersebut guna membuat format Peraturan Daerah (Perda) di bidang litigasi.

Dengan kerjasama ini, DPRD Kepri berharap UMRAH bisa memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan ke depan. Perlu diketahui, kerjasama ini sebelumnya dengan universitas di luar Kepri. “Sebelumnya kita melakukan kerja sama dengan Universitas Andalas dan IPB.

Saat ini, UMRAH sudah sanggup untuk membuat naskah akademis. Tergantung kita berikan nanti judul Perda-nya apa. Mereka akan susun naskah akademisnya. Dengan demikian pembuatan Perda ini tidak ada kekeliruan lagi tidak ada kesalahannya lagi dan bisa diterapkan,” terang Jumaga. Tetapi yang paling penting, sambung Jumaga, UMRAH yang berada di Kepri, sangat sesuai menjadi mitra atas dasar potensi

kemaritimannya. Ditambahkan Jumaga, sebelumnya Gubernur Kepri, HM Sani juga telah menandatangani kerjasama dengan UMRAH. Sementara itu, Syafsir Akhlus mengakui adanya kemampuan yang dimiliki oleh UMRAH saat ini. Ia menjelaskan, kini UMRAH dengan jurusan Ilmu Hukum telah menyediakan tenaga-tenaga ahli pada bidang legislasi.

“Di sini kita kan punya kawan-kawan tenaga ahli di bidang legislasi. Nah, kawan-kawan inilah nanti yang akan menjadi motor dalam kerjasama kita dengan DPRD,” ujar Syafsir.(Rindu Sianipar)

Check Also

Dandim Pimpin Pelepasan Kasdim 0111 Bireuen

Bireuen, sidaknews.com – Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, memimpin acara pelepasan Kasdim Mayor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *