Home » Berita Foto » TKW Asal Indonesia Hamil, Malaysia Dideportasi

TKW Asal Indonesia Hamil, Malaysia Dideportasi

Suami-di-Malaysia-Empat-Wanita-Hamil-Dideportasi2
Tampak, TKI saat dideportasi dari Malaysia saat di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Empat orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia  yang dipulangkan pada hari ini, Rabu (23/4), melalui pelabuhan Sri Bintan Pura ternyata dalam keadaan hamil. Diantara wanita itu mengandung 4 bulan hingga 7 bulan, sementara dari pengakuan mereka suaminya kini berada di Malaysia.

Sebut saja nama, Melati, mengatakan kepada wartawan bahwa suaminya kini berada di Malaysia. “Suami saya masih di Malaysia mas, saya ketangkap oleh Polisi Diraja Malaysia saat suami saja bekerja,” ujarnya.

Ia pun mengaku bahwa ia dengan suaminya menikah siri karena kesulitan untuk menikah resmi disana. “Suami saya juga TKI mas, kami memutuskan untuk menikah siri. Karena untuk menikah resmi disana sulit untuk mengurus surat-suratnya,” akunya.

Sementara itu pengakuan dari TKW lainnya, ada rekannya hamil akibat korban pemerkosaan oleh majikannya di Malaysia. “Ada yang menikah sesama warga Indonesia, ada yang nikah siri sama warga asing di Malaysia, bahkan ada juga teman kami dia hamil karena korban pemerkosaan,” terangnya.

Ia pun hingga dideportasi merasa trauma ketika bekerja di Malaysia. “Kapok kami mas, kami tidak mau lagi balek kerja disana (red-Malaysia),” pukasnya sambil berlinang air mata.

Berdasarkan dari pengalaman Satgas Penanganan TKI Disnakersos Kota Tanjungpinang, Sismu Umar Bakker, selama ia bertugas banyak para TKW yang pulang dalam keadaan hamil. “Bahkan ada yang baru sampai disini (Tanjungpinang), langsung melahirkan disini dan dilarikan ke rumah sakit terdekat,” ceritanya.

Ia pun melanjutkan, bahwa TKW Indonesia banyak yang menikah siri di Malaysia. “Bahkan ada juga yang menikah dengan warga asing, seperti Myanmar, Fipilpina hingga India. Kemarin ada yang langsung meminta tolong dari Filipina untuk mengurus istrinya untuk pulang kampung. Kalau Banglades yang sangat jahat, ia tidak peduli dan cuek dengan istri, TKW Indonesia kita,” ungkap Sismu dari pengalamannya.(SK)

Check Also

Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyerahkan Dokumen Pelaksana Anggaran ( DPA ) untuk Tahun Anggaran 2017

Wakil Bupati Bintan Serahkan DPA Tahun 2017 ke SKPD

Bintan, sidaknews.com – Wakil Bupati Kabupaten Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyerahkan Dokumen Pelaksana …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>